Prosesor AMD Pinnacle Ridge Masih Adopsi Socket AM4

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 04 Dec 2017 11:26 WIB
amd
Prosesor AMD Pinnacle Ridge Masih Adopsi Socket AM4
Socket AM4 masih akan terus digunakan hingga tahun 2020 (MTVN/DANU)

Jakarta: Menjelang tahun 2018, kabar mengenai prosesor baru semakin bermunculan. Salah satu yang paling banyak dibahas adalah prosesor AMD Pinnacle Ridge yang kemungkinan besar bakal tampil sebagai Ryzen 2 tahun depan. Menariknya, baru-baru ini prosesor tersebut dikonfirmasi bakal kembali menggunakan socket yang sama yaitu AM4.

Menurut TechPowerUp, hal tersebut dikonfirmasi oleh perwakilan AMD James Prior oleh Overclockers UK.

Dalam pernyataannya, Prior mengatakan Pinnacle Ridge bakal kembali menggunakan socket AM4 yang sama seperti yang digunakan oleh jajaran prosesor Ryzen saat ini. Tidak hanya itu, pengguna motherboard AM4 saat ini juga bisa menggunakan prosesor Pinnacle Ridge di motherboard lamanya.

Untuk mendukung kebutuhan upgrade tersebut, AMD dan para produsen motherboard bakal merilis update BIOS bernama AGESA 1.0.0.7. Update tersebut memungkinkan Pinnacle Ridge berjalan di motherboard AM4 yang sudah ada saat ini. AMD rencananya memang bakal terus menggunakan socket AM4 untuk prosesornya hingga tahun 2020 mendatang.

Pinnacle Ridge merupakan prosesor baru AMD yang bakal menggunakan arsitektur 12nm. Transistornya lebih kecil dari Summit Ridge yang digunakan di prosesor Ryzen saat ini yaitu 14nm. Perubahan tersebut membuat Pinnacle Ridge diklaim bakal tampil dengan clock speed yang lebih baik.

Tentu saja ini merupakan berita yang sangat baik bagi pengguna prosesor Ryzen sebab mereka bisa melakukan upgrade ke prosesor baru tanpa harus menggnati motherboard. Selain itu, motherboard-nya juga sudah dijamin bakal bisa digunakan setidaknya hingga tahun 2020 mendatang.


(MMI)