Begini Cara Kerja Kargoku

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 08 Oct 2016 17:15 WIB
startup
Begini Cara Kerja Kargoku
Selain aplikasi, pengguna juga dapat mengakses Kargoku via situs.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kargoku, aplikasi yang mempertemukan pemilik kargo dengan pemilik truk logistik ini, resmi meluncur. Aplikasi yang juga tersedia dalam versi situs ini menawarkan kemudahan dalam penggunaannya.

Untuk dapat memanfaatkan Kargoku ini, calon pengguna hanya perlu mendaftarkan diri di aplikasi atau situs. Pengguna harus mendaftarkan diri sebagai pengguna personal atau sebagai bisnis.

Kemudian, pengguna akan diminta memilih kategori barang yang ingin dikirimkan, dan mengisi data barang tersebut dengan lengkap, juga lokasi penjemputan dan pengantaran, sehingga dapat menghindari permasalahan yang mungkin timbul selama proses pengiriman.

Pengisian data barang tersebut juga berguna untuk menampilkan estimasi harga yang perlu dibayarkan oleh pengguna. Setelahnya, barang tersebut akan muncul pada daftar penawaran Kargoku, dan pengguna hanya perlu menunggu penawaran dipilih oleh mitra penyedia truk logistik yang juga telah terdaftar di aplikasi ini.

Setelah dipilih dan menyetujui penawaran yang diberikan oleh mitra penyedia truk logistik, pemilik barang hanya perlu membayarkan biaya melalui medium yang telah disepakati. Kemudian pengguna dapat melacak keberadaan barang secara langsung dengan memanfaatkan tombol Lacak Truck yang terdapat di menu pengiriman.

Kemampuan untuk melacak posisi truk logistik juga dapat dimanfaatkan oleh pemilik truk. Sementara itu, setelah proses pengiriman barang selesai, pemilik barang dapat memberikan penilaian terhadap layanan yang diberikan oleh mitra penyedia truk logistik tersebut.

Di masa mendatang, Kargoku juga berencana untuk menghadirkan kemampuan memberi penilaian ini kepada mitra penyedia truk logistik.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.