iPhone 7 dan 7 Plus Muncul di E-Commerce Indonesia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 19 Sep 2016 11:35 WIB
iphone 7
iPhone 7 dan 7 Plus Muncul di E-Commerce Indonesia
iPhone 7 dan 7 Plus telah mulai beredar di e-commerce Indonesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Smartphone terbaru Apple, iPhone 7 dan 7 Plus, mulai dijual di e-commerce Indonesia meski sertifikasi postel smartphone tersebut masih dalam proses. 

Menurut pantuan Metrotvnews.com, iPhone 7 dan 7 Plus telah dijual di JD.id, Blibli, Bukalapak dan Tokopedia. Namun, saat diperiksa mengenai ketersediaan sertifikat postel, sertifikat smartphone terbaru dari Apple tersebut masih dalam proses.

Dalam situs resmi Apple, iPhone 7 memiliki nomor model A1660, A1778 dan A1779, sementara iPhone 7 Plus memiliki nomor model A1661, A1784, dan A1785. Pada situs sertifikasi postel, 2 iPhone yang sertifikatnya sedang dalam proses memiliki nomor model A1778 dan A1784.

Sekarang ini, pemerintah sedang menggalakkan regulasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), memaksa vendor smartphone untuk memasukkan kandungan lokal ke dalam smartphone 4G miliknya. Untuk memenuhi regulasi TKDN, pemerintah menawarkan 2 skema, yaitu hardware dan software.

Pada skema hardware, komposisinya adalah manufaktur 70 persen, pengembangan 20 persen, dan aplikasi 10 persen. Sementara pada skema software, komposisinya adalah aplikasi 70 persen, pengembangan 20 persen dan manufaktur 10 persen.

Jika Apple berhasil memenuhi salah satu dari skema tersebut, maka mereka akan dapat menjual iPhone 7 dan 7 Plus sebagai smartphone 4G. Jika tidak, maka mau tidak mau, mereka terpaksa menjual kedua smartphone barunya sebagai smartphone 3G.

Hal inilah yang menjadi penghalang Xiaomi saat meluncurkan Redmi Note 3. Karena tidak dapat memenuhi TKDN, vendor smartphone asal Tiongkok itu meluncurkan Redmi Note 3 sebagai ponsel 3G.

Apple meluncurkan iPhone 7 dan 7 Plus di awal September lalu. Sejak saat itu, sambutan akan smartphone terbaru dari Apple ini beragam. Sebuah survei menunjukkan bahwa ketertarikan konsumen untuk membeli iPhone 7 berkurang. Meskipun begitu, Apple tetap berhasil menjual iPhone 7 Plus hingga ludes.

Namun, saat iPhone 7 dan 7 Plus mulai dijual pada hari Jumat lalu, jumlah orang yang mengantre di depan Apple Store untuk mendapatkan iPhone terbaru dari Apple ini terlihat menipis. Diduga, salah satu alasannya adalah karena pada iPhone kali ini, tidak banyak perubahan yang Apple lakukan.

Kami sudah menghubungi pihak Kominfo untuk menanyakan apakah akan ada sanksi bagi pihak yang menjual smartphone yang sertifikat postelnya belum keluar. Namun, hingga berita ini dibuat, belum ada jawaban.


(MMI)

Video /