Jepang Ingin Kembangkan Super Komputer Tercepat di Dunia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 26 Nov 2016 14:18 WIB
pameran komputer
Jepang Ingin Kembangkan Super Komputer Tercepat di Dunia
Ilustrasi super komputer. (Tech Radar)

Metrotvnews.com: Jepang mengumumkan rencananya untuk membangun super komputer tercepat di dunia. Tujuannya adalah untuk membantu beberapa industri di Jepang untuk melakukan riset yang penting bagi mereka sehingga mereka dapat tumbuh dan melakukan ekspansi.

Menurut Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, super komputer ini akan bernilai sekitar USD173 juta (Rp2,34 triliun). Nara sumber mengklaim, ia akan dapat melakukan 130 kuadrilion kalkulasi setiap satu detik. Paling cepat, proyek ini akan dimulai pada tahun 2017.

Jika para peneliti Jepang berhasil mencapai tujuannya yaitu 130 petaflop, maka Jepang akan berhasil mengalahkan Sunway Taihulight milik Tiongkok dan akan menjadi negara dengan super komputer paling cepat di dunia.

Setelah selesai, super komputer ini akan berfungsi sebagai platform penelitian berbagai industri, termasuk medis, robotik dan mobil otonom. Super komputer ini akan dapat membantu Jepang untuk kembali menguasai pasar. Perusahaan yang ingin menggunakan super komputer ini akan harus membayar.

SlashGear melaporkan, super komputer ini akan dibangun di National Institute of Advanced Industrial Science and Technology di Jepang.

Dengan bantuan super komputer ini, Jepang dapat mengembangkan berbagai teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), produk energi bersih atau baterai yang lebih baik dan berbagai teknologi lainnya. Industri mobil tanpa sopir juga dapat berkembang karena ia akan dapat menganalisa trafik dengan lebih cepat melalui kamera.

Super komputer ini akan dinamai AI Bridging Cloud Infastructure (ABCI), menurut Reuters. Saat ini, proses pelelangan proyek ini telah dimulai. Sebagian pihak memperkirakan, Fujitsu akan ikut serta dalam lelang proyek ini, mengingat Fujitsu adalah pembuat super komputer tercepat Jepang saat ini. Namun, saat ini, hal itu tidak lebih dari perkiraan.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

2 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.