SpaceX akan Luncurkan SWOT Milik NASA

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 25 Nov 2016 16:10 WIB
antariksanasa
SpaceX akan Luncurkan SWOT Milik NASA
Ilustrasi peluncuran. (SpaceX via AP)

Metrotvnews.com: SpaceX memenangkan kontrak baru dari NASA, untuk meluncurkan salah satu satelit divisi sains Bumi NASA dalam waktu kurang dari 5 tahun.

Satelit yang hendak diluncurkan adalah kendaraan Surface Water and Ocean Topografi (SWOT). Ia didesain untuk memindai lautan di bumi dan memberikan "survei global dari air di permukaan bumi pertama."

Satelit ini akan menggunakan salah satu roket Falcon 9 dari SpaceX. Ia ditargetkan untuk diluncurkan pada bulan April 2021 dari Vanderberg Air Force Base di California, seperti yang disebutkan oleh The Verge.

Ini adalah proyek penting lain yang SpaceX lakukan untuk NASA. Pada bulan Januari, SpaceX meluncurkan satelit untuk memonitor laut, Jason-3 dan pada tahun depan, SpaceX akan meluncurkan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA, yang didesain untuk mencari planet kecil di dekat bintang yang ada di luar sistem tata surya kita.

"Kami tidak sabar menjalankan misi yang penting untuk NASA, negara dan seluruh dunia," kata President SpaceX, Gwynne Shotwell dalam sebuah pernyataan resmi.

"Kami menghargai kerja sama dengan NASA dan kepercayaan diri mereka pada SpaceX sebagai peluncur."

Nilai total peluncuran SWOT adalah USD112 juta (Rp1,5 triliun), menurut NASA, yang mungkin terlihat mahal mengingat peluncuran roket Falcon 9 dari SpaceX seharusnya dihargai mulai dari USD62 juta (Rp838 miliar).

Selain itu, proyek ini juga memiliki biaya yang lebih mahal dari proyek NASA lainnya. Biaya peluncuran satelit Jason-3 adalah USD82 juta (Rp1,1 triliun) sementara peluncuran TESS memakan biaya USD87 juta (Rp1,18 triliun).

Menurut NASA, biaya USD112 juta tidak hanya untuk peluncuran Falcon 9, tapi biaya untuk peluncuran SWOT secara keseluruhan. Jadi, uang tersebut tidak hanya mengalir untuk SpaceX, tapi juga organisasi-organisasi lain yang memberikan "dukungan tambahan" yang diperlukan untuk meluncurkan SWOT. Sayangnya, NASA tidak menjelaskan dukungan tambahan apa yang diperlukan. 


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

2 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /