Xiaomi Akui akan Rilis Prosesor Sendiri, Pinecone

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 21 Feb 2017 10:55 WIB
xiaomi
Xiaomi Akui akan Rilis Prosesor Sendiri, Pinecone
Xiaomi konfirmasi akan buat prosesor mobile sendiri. (CNET)

Metrotvnews.com: Melalui Weibo, Xiaomi mengonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan prosesor mobile buatannya sendiri. Sama seperti rumor yang telah beredar sebelum ini, prosesor ini akan dinamai "Pinecone". Menurut laporan Engadget, ia akan diluncurkan di Beijing pada 28 Februari.

Sayangnya, Xiaomi tidak memberikan informasi lain terkait prosesor barunya ini. Namun, rumor yang breedar menyebutkan bahwa Xiaomi Mi 5c alias Meri akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan prosesor tersebut.

Menurut hasil Geekbench yang beredar, Xiaomi Mi 5c akan menggunakan prosesor octa-core yang dipadankan dengan RAM 3GB dan sudah menggunakan Android 7.1.1. Namun, berdasarkan foto prototipe yang bocor ke internet, ponsel itu masih menggunakan Android 6.0.



Rencana Xiaomi untuk membuat prosesor sendiri bukanlah rahasia. Menurut ahli semikonduktor Laoyao, Pinecone Electronics dibuat oleh Xiaomi dengan bantuan pembuat prosesor Leadcore pada bulan November 2014. Dengan kata lain, proyek ini telah direncanakan sejak 2 tahun lalu.

Jika Xiaomi dapat membuat prosesor sendiri, maka mereka dapat mengurangi ketergantungan pada Qualcomm dan MediaTek. Xiaomi juga dapat memanfaatkan teknologi radio seluler Leadcore untuk prosesornya sendiri, sehingga mereka dapat menghemat ongkos produksi dalam jangka panjang. 

Setelah Xiaomi terbiasa membuat prosesor sendiri, mereka akan dapat mengintegrasikan lebih banyak fitur ke prosesornya sehingga dapat tampil beda dari ponsel lain. 


(MMI)

Video /