Bobol Prosesor dan Modem Qualcomm Bisa Dapat Rp200 Juta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 21 Nov 2016 16:44 WIB
qualcommcyber security
Bobol Prosesor dan Modem Qualcomm Bisa Dapat Rp200 Juta
Qualcomm adakan program pemburuan bug. (AP Photo / Gregory Bull, File)

Metrotvnews.com: Bekerja sama dengan HackerOne, platform perburuan bug, Qualcomm menawarkan hadiah uang hingga USD15 ribu (Rp200 juta) bagi pihak yang berhasil menemukan kelemahan pada modem dan prosesor buatannya. 

Menurut The Register, perburuan bug ini mencakup Snapdragon 400, 615, 801, 805 808, 810, 820 dan 821 processors juga modem X5, X7, X12 dan X16.

Jika ada kelemahan pada prosesor atau modem yang disebutkan di atas, maka hal ini dapat mempengaruhi banyak orang, karena ia digunakan dalam smartphone yang relatif baru. Misalnya Snapdragon X20, yang saat ini digunakan pada smartphone buatan Google, Samsung, Motorola, LG, ZTE, Sony, ASUS, HTC dan HP.

Karena Qualcomm menguasai sekitar 65 persen pasar modem LTE, bug Quadrooter yang ditunjukkan dalam Def Con pada bulan Agustus lalu mempengaruhi hingga 900 juta perangkat.

Dari segi software, Qualcomm akan memberikan hadiah jika white hacker menemukan kelemahan pada komponen-komponen software di bawah ini:

- kode kernel Linux yang menjadi bagian dari "Android for MSM" versi 3.14 atau yang lebih baru
- berjalan di root atau sistem
- bootloader
- modem seluler
- firmware untuk Bluetooth atau WLAN
- Qualcomm Secure Execution Environment (QSEE) on Trustzone

Qualcomm bukanlah satu-satunya perusahaan yang menawarkan hadiah uang bagi orang yang menemukan bug di produknya. Apple bahkan rela membayar hingga USD200 ribu (Rp2,6 miliar) untuk bug pada software buatannya.

Sementara itu, Google menyebutkan bahwa di tahun 2015, mereka telah membayar USD550 ribu (Rp7,2 miliar) untuk orang-orang yang menemukan bug di Android.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /