Di Bawah Alibaba, Lazada Masih Beroperasi Mandiri

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 09 Dec 2016 10:46 WIB
lazadae-commerce
Di Bawah Alibaba, Lazada Masih Beroperasi Mandiri
Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Lazada tetap beroperasi mandiri, terpisah dari Alibaba. Hal ini disampaikan oleh Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia saat ditemui di Energy Building, Rabu (9/12/2016). 

"Alibaba adalah investor utama kami. Kami tetap beroperasi secara mandiri dan tidak ada perubahan dalam operasi kami sehari-hari," ujar Holm saat ditemui dalam acara Harbolnas. 

Setelah menguasai pasar e-commerce di Tiongkok, Alibaba tampaknya ingin melakukan ekspansi ke Asia Tenggara, Indonesia salah satunya. Pada bulan April lalu, Alibaba menguasai saham Lazada, yang merupakan salah satu pemain e-commerce ternama di Indonesia. 

"Untuk kami, ini adalah sebuah pujian. Karena mereka berpikir bahwa apa yang kami lakukan sudah benar. Dan itulah kenapa mereka memutuskan untuk menanamkan investasi pada kami," katanya.

Saat ditanya apa yang Lazada dapatkan setelah Alibaba menjadi investor, Holm menjelaskan, Lazada mendapatkan berbagai pelajaran berharga dari Alibaba dan juga validasi karena e-commerce raksasa seperti Alibaba mendukung mereka. 

Selain itu, Holm menjelaskan, hal lain yang Lazada pelajari dari Alibaba adalah cara untuk mendukung usaha kecil, sesuatu yang menurutnya telah sukses Alibaba lakukan.

"Kami menjadi tahu bagaimana cara untuk membuat usaha kecil menjadi online atau usaha kecil yang sudah online menjadi lebih besar," ujarnya. 

Untuk itu, dia menjelaskan, Lazada berusaha untuk memberikan tool terbaik untuk pengguna dan juga memastikan trafik yang masuk ke situs mereka memadai. Dengan begitu, diharapkan, usaha kecil yang ada di Lazada dapat berkembang sehingga akan tercipta lebih banyak pekerjaan.

Lalu, apa hal ini berarti Alibaba tidak akan masuk ke Indonesia?

"Lazada akan selalu menjadi pemain utama dari Alibaba Group yang beroperasi di Indonesia," ujar Holm. Meskipun begitu, dia mengatakan, Lazada juga telah bekerja sama dengan bagian lain dari Alibaba Group, seperti UC Web. Ke depan, tidak tertutup kemungkinan Lazada akan bekerja sama dengan bagian lain dari Alibaba Group.


(MMI)

Video /