Prosesor Xiaomi Pinecone Meluncur Bulan Depan?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 13 Feb 2017 13:09 WIB
xiaomi
Prosesor Xiaomi Pinecone Meluncur Bulan Depan?
XIaomi dilaporkan berencana untuk meluncurkan chipset prosesor karyanya, Pinecone, pada bulan depan.

Metrotvnews.com: Xiaomi dilaporkan berencana untuk meluncurkan chipset prosesor karyanya pada bulan depan. Rencana tersebut akan menjadikan Xiaomi sebagai produsen Tiongkok kedua yang memproduksi prosesornya sendiri.

Menurut XDA Developers, laporan ini berdasarkan informasi yang sebelumnya beredar terkait rencana Xiaomi menghadirkan dukungan chipset prosesor karyanya pada smartphone dengan kodenama Meri.

Pengembangan prosesor baru ini juga dilaporkan mendapatkan penjagaan ketat. Entitas pribadi terkait Xiaomi bernama Beijing Pinecone Electronics membayarkan dana sebanyak CNY103 juta atau sekitar Rp199 miliar, untuk mengakuisisi teknologi prosesor mobile dari Leadcore Technology.

Melalui akuisisi ini, Beijing Pinecone Electronics dan Leadcore Technology dikabarkan berencana berkolaborasi dalam merancang dan mengembangkan chipset prosesor mobile baru.

Pengembangan chipset prosesor ini dapat membantu Xiaomi dalam mengurangi ketergantungan dengan produsen chipset lainnya, seperti Qualcomm. Sementara itu, permintaan produsen smartphone lain terhadap prosesor Qualcomm dilaporkan mengalami peningkatan.

Samsung, sebagai salah satu pengguna prosesor karya Qualcomm, juga dilaporkan menimbun Snapdragon 835, yang akan digunakannya untuk mendukung smartphone unggulan terbarunya, Galaxy S8.

Sementara itu, Xiaomi mulai mewujudkan keseriusannya dalam menggarap pasar Indonesia, melalui kerja sama dengan Satnusa, TSM, dan Erajaya terkait produksi dan pemasaran ponselnya secara resmi di Indonesia.


(MMI)