Prosesor Xiaomi Pinecone Meluncur Bulan Depan?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 13 Feb 2017 13:09 WIB
xiaomi
Prosesor Xiaomi Pinecone Meluncur Bulan Depan?
XIaomi dilaporkan berencana untuk meluncurkan chipset prosesor karyanya, Pinecone, pada bulan depan.

Metrotvnews.com: Xiaomi dilaporkan berencana untuk meluncurkan chipset prosesor karyanya pada bulan depan. Rencana tersebut akan menjadikan Xiaomi sebagai produsen Tiongkok kedua yang memproduksi prosesornya sendiri.

Menurut XDA Developers, laporan ini berdasarkan informasi yang sebelumnya beredar terkait rencana Xiaomi menghadirkan dukungan chipset prosesor karyanya pada smartphone dengan kodenama Meri.

Pengembangan prosesor baru ini juga dilaporkan mendapatkan penjagaan ketat. Entitas pribadi terkait Xiaomi bernama Beijing Pinecone Electronics membayarkan dana sebanyak CNY103 juta atau sekitar Rp199 miliar, untuk mengakuisisi teknologi prosesor mobile dari Leadcore Technology.

Melalui akuisisi ini, Beijing Pinecone Electronics dan Leadcore Technology dikabarkan berencana berkolaborasi dalam merancang dan mengembangkan chipset prosesor mobile baru.

Pengembangan chipset prosesor ini dapat membantu Xiaomi dalam mengurangi ketergantungan dengan produsen chipset lainnya, seperti Qualcomm. Sementara itu, permintaan produsen smartphone lain terhadap prosesor Qualcomm dilaporkan mengalami peningkatan.

Samsung, sebagai salah satu pengguna prosesor karya Qualcomm, juga dilaporkan menimbun Snapdragon 835, yang akan digunakannya untuk mendukung smartphone unggulan terbarunya, Galaxy S8.

Sementara itu, Xiaomi mulai mewujudkan keseriusannya dalam menggarap pasar Indonesia, melalui kerja sama dengan Satnusa, TSM, dan Erajaya terkait produksi dan pemasaran ponselnya secara resmi di Indonesia.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.