Twitter Permudah Pengguna Bikin Kicauan Terhubung

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 11 Sep 2017 11:00 WIB
media sosialtwitter
Twitter Permudah Pengguna Bikin Kicauan Terhubung
Twitter dikabarkan tengah membuat fitur baru. (Leon Neal/Getty Images)

Metrotvnews.com: Twitter tengah mengembangkan fitur yang memudahkan penggunanya membuat Tweetstorm atau kumpulan kicauan yang saling terhubung. Dengan begitu, pengguna dapat membahas sebuah topik dengan lebih lengkap dalam sekumpulan tweet dan mengunggahnya dalam satu waktu. 

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh Matt Navara, Director of Social media di The Next Web melalui Twitter. Menurut laporan Recode, fitur ini belum tersedia di aplikasi Twitter dan tampaknya belum tersedia untuk diuji secara umum.

Twitter biasanya memang menguji fitur-fitur baru yang berfungsi untuk memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasinya. Terkadang, ada beberapa fitur yang diuji oleh Twitter tapi tidak pernah dirilis secara resmi. 

Saat ini, jika pengguna ingin membuat tweetstorm atau sekumpulan kicauan  yang saling terhubung, mereka harus melakukannya secara manual, yaitu dengan membalas tweet yang telah mereka buat sebelumnya. Fitur baru ini diduga memungkinkan pengguna untuk menyimpan kumpulan tweet yang hendak mereka unggah ke dalam satu draf sebelum mengunggahnya secara bersamaan sebagai obrolan panjang. 

Salah satu karakteristik Twitter yang membedakannya dengan media sosial lain adalah karena ia membatasi karakter dalam satu post, yaitu 140 karakter. Tweetstorm merupakan cara bagi pengguna untuk memberikan penjelasan panjang dalam satu post, memudahkan pembaca untuk mengikuti obrolan pengunggah. 

Sebelum ini, Twitter sempat mempertimbangkan untuk meningkatkan jumlah maksimal karakter yang bisa digunakan oleh pengguna. Beberapa tahun lalu, secara internal, Twitter berencana untuk meningkatkan batasan maksimal karakter dalam satu tweet menjadi 10 ribu. Namun, pada akhirnya, mereka memutuskan tetap membatasi karakter dalam sebuah tweet 140 karakter. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.