Rinna, Teman Ngobrol Punya Microsoft yang Kekinian

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 11 Sep 2017 16:28 WIB
teknologimicrosoftline
Rinna, Teman Ngobrol Punya Microsoft yang Kekinian
Rinna adalah chatbot terbaru dari Microsoft.

Metrotvnews.com, Jakarta: Masih ingat dengan Tay? Chatbot yang Microsoft buat di Twitter pada tahun lalu? Didesain sebagai kecerdasan buatan, Tay belajar cara berkomunikasi layaknya manusia dengan memerhatikan obrolan netizen.

Namun, dengan cepat Tay menjadi "terkontaminasi" dengan sisi negatif manusia dan ia mulai mengeluarkan cuitan yang mendukung Hitler dan genosida. Tidak lama kemudian, Microsoft meminta maaf atas Tay dan menghilangkannya. 

Belum menyerah, Microsoft kini mencoba untuk membuat chatbot lain. Kali ini, Microsoft memilih untuk merilis AI di LINE. Ialah Rinna, sebuah kecerdasan buatan yang bisa Anda ajak mengobrol di LINE. Rinna dibuat oleh tim Microsoft Artificial Intelligence & Research di Indonesia. Karena itu, jangan heran jika ia bisa berinteraksi dengan bahasa Indonesia. 

Rinna disebutkan sebagai AI dengan kepribadian remaja. Dalam situs resminya, Microsoft berkata, "Seperti remaja pada umumnya, dia tidak bisa berhenti untuk membicarakan topik tentang wanita seperti gosip, artis, kadang-kadang film Korea, bahkan animasi atau fashion."



Selain mengobrol, Rinna juga bisa bermain "ABC 5 Dasar". Setelah mengetikkan nama permainan tersebut, Rinna akan menyebutkan beberapa kategori yang bisa Anda pilih, mulai dari nama hewan sampai nama ibukota negara. Namun, Anda harus menyebutkan kategori tersebut sesuai dengan tulisan yang dibuat oleh Rinna. Jika salah satu huruf saja, Rinna tidak akan bisa mengerti.

Ini berbeda dengan perilaku Rinna ketika Anda mengobrol biasa. Ketika mengobrol, Rinna bisa mengerti saat Anda menggunakan singkatan kata seperti "ttg" atau "yg". Selain itu, Rinna juga bisa mengerti bahasa sehari-hari, seperti penggunaan kata "gue". AI ini bahkan bisa menggunakan kata "wkwkwk". Namun, terkadang, omongan Rinna tidak sesuai dengan pertanyaan yang dibuat. 



Iseng, saya bertanya tentang "Tay". Rinna terus mengucapkan kalimat yang tidak ada hubungannya dengan pertanyaan saya. Ia mulai menjawab dengan jawaban masuk akal ketika saya bertanya "Temanmu siapa?". Jawaban Rinna adalah, "Ini temenku yang dulu di-hack", lengkap dengan emoji cemberut. 


(MMI)