Dituntut Label Rekaman, Situs Audio Ripping akan Ditutup

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 05 Sep 2017 15:43 WIB
youtube
Dituntut Label Rekaman, Situs Audio Ripping akan Ditutup
Sebuah situs pengubah video YouTube menjadi audio dituntut.

Metrotvnews.com: Situs pengunduh video YouTube-MP3.org dan sekumpulan label rekaman seperti UMG, Sony Music dan Warner Bros. telah menyetujui sebuah rancangan keputusan pengadilan. Meskipun dokumen itu belum ditandatangani oleh hakim, tampaknya, pengadilan akan memenangkan para label rekaman.

Pihak YouTube-MP3.org diminta memberikan sejumlah uang sebagai ganti rugi dan memberikan domain itu pada pihak yang merepresentasikan pihak label rekaman. YouTube-MP3.org merupakan situs yang memungkinkan orang-orang untuk mengubah tautan YouTube menjadi file audio MP3 dan mengunduhnya.

Asosiasi Industri Rekaman AS (RIAA) menyebut situs itu sebagai situs pengubah video YouTube ke audio terbesar. Tahun lalu, pihak label rekaman memasukkan tuntutan atas pelanggaran hak cipta pada situs tersebut. Disebutkan, situs ini bertanggung jawab atas lebih dari 40 persen pengunduhan audio dari video, lapor The Verge. 

Menurut studio pada 2016 oleh Federasi Internasional Industri Fonografi (IFPI), mengubah video menjadi audio merupakan salah satu jenis pembajakan yang paling sering terjadi di industri rekaman. Hampir 50 persen dari orang-orang berumur 16-24 tahun menggunakan layanan seperti yang ditawarkan oleh YouTube-MP3.org.

Tuntutan ini secara spesifik menyebutkan 304 lagu yang audionya diunduh secara ilegal melalui layanan tersebut, termasuk Clarity dari Zedd, Born This Way dari Lady Gaga dan Get Ur Freak On oleh Missy Elliot.

Dalam tuntutan tersebut, pihak penuntut meminta ganti rugi sebesar USD150 ribu (Rp2 miliar) per lagu yang terbukti dibajak dengan argumen bahwa YouTube-MP3.org membantu pendistribusian ilegal dan mendapatkan untung dari konten milik label melalui iklan pada situsnya. 

Pihak label rekaman mengklaim bahwa "puluhan atau bahkan ratusan ribu lagu secara ilegal diunduh dan didistribusikan oleh layanan pengubah video ke audio setiap bulannya."

Jika proposal keputusan ini ditandatangani, maka domain dari YouTube-MP3.org akan dipindahkan ke pihak lagel. Jika pemilik situs tidak mematuhi perintah ini, maka situsnya akan ditutup dalam waktu 24 jam. 


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /