Indonesia Punya Komunitas Instagram Terbesar di Asia Pasifik

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 27 Jul 2017 08:27 WIB
media sosialinstagram
Indonesia Punya Komunitas Instagram Terbesar di Asia Pasifik
Komunitas Instagram di Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Pasific.

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia dinilai sebagai lahan subur bagi pertumbuhan media sosial dunia, berkat keaktifan penggunanya. Hal ini turut dinikmati oleh layanan media sosial berbasis foto, Instagram.

“Komunitas Instagram di Indonesia adalah yang terbesar di Asia Pasifik. Saat ini, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 45 juta per bulan. Hal ini mungkin didorong oleh fakta bahwa orang Indonesia suka kumpul-kumpul dan banyak komunitas,” ujar Country Manager Instagram Indonesia, Sri Widowati, pada hari Rabu (26/7/17).

Menurut perempuan yang akrab disapa Wido ini, komunitas Instagram di Indonesia tidak hanya terpusat di kota-kota besar, tapi juga terdapat di berbagai wilayah, mulai dari Bekasi hingga Kulon Progo. Dan semua komunitas tersebut, ujar Wido, merupakan komunitas yang aktif.

Indonesia juga disebut sebagai pasar pengguna berbagai fitur Instagram aktif, termasuk dalam memberikan masukan. Salah satu masukan tersebut, jelas Director of Product Marketing Instagram, Susan Rose, diwujudkan ke dalam fitur berupa Instagram Stories.

Saat ini, lanjut Susan, pengguna aktif Instagram Stories di Indonesia mencapai 250 juta per harinya. Jumlah ini disebut lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan negara lain, dan sepertiga konten yang paling sering dilihat berasal dari sektor bisnis.

Baik Wido maupun Susan mengaku bangga, pertumbuhan Instagram di Indonesia selaras dengan pertumbuhan bisnis kecil yang memanfaatkan media sosialnya sebagai sarana portofolio bisnis dari berbagai bidang usaha.

Seperti yang dilakukan oleh Romo Jack, pemilik akun @ponypork, dan Cherry Virginia, pemilik akun @mikhaelacherry, yang memanfaatkan akun Instagram sebagai portofolio digital karya seni mereka. Keduanya mengakui Instagram memudahkan lebih banyak orang mengetahui karya seni yang mereka hasilkan, sehingga memperbesar peluang penerima pesanan tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri.

Tidak hanya di Indonesia, penggunaan akun Instagram sebagai sarana pengenalan dan interaksi bisnis juga terjadi di dunia. Saat ini secara global, sebanyak delapan juta akun Instagram digunakan sebagai profil bisnis.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.