Indonesia Punya Komunitas Instagram Terbesar di Asia Pasifik

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 27 Jul 2017 08:27 WIB
media sosialinstagram
Indonesia Punya Komunitas Instagram Terbesar di Asia Pasifik
Komunitas Instagram di Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Pasific.

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia dinilai sebagai lahan subur bagi pertumbuhan media sosial dunia, berkat keaktifan penggunanya. Hal ini turut dinikmati oleh layanan media sosial berbasis foto, Instagram.

“Komunitas Instagram di Indonesia adalah yang terbesar di Asia Pasifik. Saat ini, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 45 juta per bulan. Hal ini mungkin didorong oleh fakta bahwa orang Indonesia suka kumpul-kumpul dan banyak komunitas,” ujar Country Manager Instagram Indonesia, Sri Widowati, pada hari Rabu (26/7/17).

Menurut perempuan yang akrab disapa Wido ini, komunitas Instagram di Indonesia tidak hanya terpusat di kota-kota besar, tapi juga terdapat di berbagai wilayah, mulai dari Bekasi hingga Kulon Progo. Dan semua komunitas tersebut, ujar Wido, merupakan komunitas yang aktif.

Indonesia juga disebut sebagai pasar pengguna berbagai fitur Instagram aktif, termasuk dalam memberikan masukan. Salah satu masukan tersebut, jelas Director of Product Marketing Instagram, Susan Rose, diwujudkan ke dalam fitur berupa Instagram Stories.

Saat ini, lanjut Susan, pengguna aktif Instagram Stories di Indonesia mencapai 250 juta per harinya. Jumlah ini disebut lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan negara lain, dan sepertiga konten yang paling sering dilihat berasal dari sektor bisnis.

Baik Wido maupun Susan mengaku bangga, pertumbuhan Instagram di Indonesia selaras dengan pertumbuhan bisnis kecil yang memanfaatkan media sosialnya sebagai sarana portofolio bisnis dari berbagai bidang usaha.

Seperti yang dilakukan oleh Romo Jack, pemilik akun @ponypork, dan Cherry Virginia, pemilik akun @mikhaelacherry, yang memanfaatkan akun Instagram sebagai portofolio digital karya seni mereka. Keduanya mengakui Instagram memudahkan lebih banyak orang mengetahui karya seni yang mereka hasilkan, sehingga memperbesar peluang penerima pesanan tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri.

Tidak hanya di Indonesia, penggunaan akun Instagram sebagai sarana pengenalan dan interaksi bisnis juga terjadi di dunia. Saat ini secara global, sebanyak delapan juta akun Instagram digunakan sebagai profil bisnis.


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

1 day Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /