Sambut Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel Lakukan Optimalisasi Jaringan

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 18 May 2017 19:08 WIB
telkomsel
Sambut Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel Lakukan Optimalisasi Jaringan
Telkomsel ungkap akan ada lonjakan penggunaan data pada masa Ramadan dan Idul Fitri tahun ini (ANTARA/TORA)

Metrotvnews.com, Malang: Telkomsel ungkap akan ada lonjakan penggunaan data pada masa Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

Lonjakan tersebut diprediksi akan terjadi di di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dengan besaran antara 20 persen sampai dengan 25 persen menembus 5809TB. Sementara layanan suara diprediksi mengalami penurunan berkisar antara 3 persen sampai dengan 6 persen mencapai 1,37 milliar menit, dan SMS berkisar antara 1 persen sampai dengan 3 persen mencapai 720 juta SMS.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel mengatakan telah melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera telah disediakan kelonggaran sebesar 35 hingga 60 persen, seperti Jawa Barat sebesar 38 persen, Jawa Tengah sebesar 48 persen, dan Jawa Timur sebesar 57 persen dan Sumatera Selatan sebesar 58 persen.

Telkomsel juga telah mengidentifikasi sebanyak 838 hotspot atau POI (Point of Interest) yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal. Lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi di masa Ramadan dan Lebaran.

"Secara khusus kami mengidentifikasi titik-titik yang padat akan keramaian, seperti daerah atau objek wisata, bandara, bahkan titik keluar tol. Kapasitas jaringan kami tingkatkan di lokasi-lokasi tersebut, untuk menjaga agar customer experience tetap terjaga, sekalipun terjadi lonjakan trafik," ujar Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan.

Telkomsel menyiapkan titik layanan pada 312 Jalur Mudik dan 526 Lokasi Wisata. Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 89 unit COMBAT (Compact Mobile Base Station) untuk meningkatkan akses layanan data. Selain itu, pengembangan jaringan di seluruh Indonesia oleh Telkomsel juga diharapkan bisa membantu menampung akses data saat Ramadan dan Idul Fitri.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.