Canon EOS 6D Mark II Resmi Masuk Indonesia, Harganya?

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 29 Sep 2017 14:59 WIB
canonkamera
Canon EOS 6D Mark II Resmi Masuk Indonesia, Harganya?
Canon EOS 6D Mark II resmi hadir di Indonesia (foto: istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Canon melalui Datascrip memperkenalkan generasi kamera DSLR EOS 6D Mark II. Kamera tersebut merupakan generasi terbaru dari seri Canon EOS 6D yang merupakan salah satu kamera full-frame paling dikenal dari jajaran produk Canon.

"Canon EOS 6D Mark II mengusung resolusi yang lebih besar, prosesor gambar terbaru, layar LCD yang dapat diputar 360 derajat, serta fitur yang istimewa, semuanya dihadirkan untuk memanjakan fotografer khususnya pengguna kamera full-frame. Kegiatan memotret maupun merekam dapat dilakukan dengan lebih optimal untuk menghasilkan karya-karya yang indah dan berkualitas tinggi," ujar Yase Defirsa Cory, Marketing Manager of Canon Image Communication Product Div, Datascrip.

EOS 6D Mark II dikatakan hadir dengan sensor CMOS full-frame beresolusi 26,2 megapiksel. Kamera ini juga tampil dengan teknologi Dual Pixel AF yang sudah menjadi ciri khas kamera Canon terbaru. Teknologi tersebut diklaim memungkinkan kamera ini memiliki sistem auto focus yang cepat dan akurat.

Selain dua hal tersebut, sudah mampu menghadirkan tingkat ISO hingga ISO 40.000 dan bisa ditingkatkan hingga ISO 102.400.



EOS 6D Mark II sendiri memiliki 45-titik fokus AF tipe silang (cross-type). Kamera ini juga bisa memotret secara kontinu pada 6,5fps dan 4fps jika menggunakan mode live view. Kamera ini juga dilengkapi dengan sensor metering RGB+IR 7560 piksel dan sistem AF pendeteksi warna yang dikatakan konsisten dan akurat dalam mencari fokus di berbagai kondisi pencahayaan.

Seri EOS 6D Mark II sudah dilengkapi dengan layar sentuh LCD vari-angle sehingga memudahkan navigasi penggunanya. Layar LCD-nya juga diklaim lebih jernih dari sebelumnya agar bisa menampilkan hasil foto yang sebenarnya. Ia juga dilengkapi dengan sensor metering RGB+IR 7560 piksel dan sistem AF pendeteksi warna yang konsisten dan akurat dalam mencari fokus di berbagai kondisi pencahayaan.

Untuk Video, EOS 6D Mark II mampu mereekam video beresolusi Full HD di 60fps. Ia juga sudah bisa membuat video timelapse beresolusi 4K dan sudah dilengkapi dengan fitur NFC, Bluetooth, dan WiFi untuk konektivitas nirkabel.

Canon EOS 6D Mark II dibanderol seharga Rp28.500.000, belum termasuk lensa.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.