LINE DEVELOPER DAY 2017 Fokus ke Tiga Hal, Apa Saja?

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 29 Sep 2017 11:34 WIB
line
LINE DEVELOPER DAY 2017 Fokus ke Tiga Hal, Apa Saja?
LINE DEVELOPER CONFERENCE 2017 digelar di Tokyo tanggal 28 September 2017 kemarin

Metrotvnews.com, Jakarta: LINE Corporation baru saja mengadakan LINE DEVELOPER DAY 2017, sebuah acara khusus untuk para developer yang menyoroti kemajuan teknologi perusahaan, strategi dan rencana lainnya.

Acara tersebut merupakan konferensi teknologi tahunan yang diselenggarakan oleh LINE untuk berkomunikasi dengan para developer tentang berbagai layanan perusahaan.

Terdapat 39 sesi yang membahas berbagai topik, termasuk aplikasi pesan LINE, CLOVA, LINE Messaging API, sistem akreditasi LINE API Expert, dan "developer base" LINE Kyoto baru yang akan diluncurkan pertengahan tahun 2018 mendatang. Meski demikian, ada tiga fokus LINE di acara kali ini

CLOVA merupakan salah satu sorotan utama di acara LINE DEVELOPER DAY 2017. Diperkenalkan pertama kali di acara LINE TOKYO CONFERENCE 2017 bulan Juni kemarin, CLOVA merupakan sistem kecerdasan buatan (AI) berbasiskan cloud, mulai dari penerapannya dalam perangkat internet of things (IoT), hingga penerapan ranah korporasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggannya.

Kali ini, LINE juga memperkenalkan berbagai perangkat berbasis CLOVA, seperti WAVE dan CHAMP yang menampilkan maskot karakter LINE. LINE juga berencana untuk merilis Clova Interface Connect dan Clova Extension Kit di tahun 2018, yang akan memungkinkan para developer eksternal dan pihak ketiga mengembangkan produk menggunakan teknologi Clova.

Fokus kedua LINE DEVELOPER DAY 2017 adalah pengadaan Chatbot yang merupakan bagian dari fitur messaging di LINE. Sejak peluncurannya, Chatbot API LINE diklaim telah banyak dikembangkan oleh pihak ketiga, dengan lebih dari 130,000 akun chatbot, 10 miliar pengiriman pesan, dan memiliki sekitar 2 miliar teman (sampai akhir Agustus 2017).

Messaging API juga dikatakan akan terus diperbarui untuk para developer, service provider, dan pengguna sehingga mereka dapat memanfaatkan layanan ini dengan lebih mudah. Salah satunya, "Rich Menu API" yang akan segera diluncurkan, dimana layanan ini memungkinkan para developer untuk mengendalikan ukuran dan tata letak rich menu di aplikasi LINE.

Fokus terakhir LINE DEVELOPER DAY 2017 kali ini adalah pengadaan akreditasi LINE API Expert, yaitu sebuah program baru untuk membantu mengembangkan pengetahuan developer pihak ketiga dan pihak lain agar platform LINE dapat digunakan dan dikembangkan oleh khayalak luas.

Dengan kata lain, LINE API Expert adalah sistem akreditasi untuk memberi sertifikasi dan mendukung para developer eksternal yang telah menunjukkan keahlian dalam memanfaatkan API LINE.

Mereka yang ingin disertifikasi sebagai LINE API Expert dapat mengajukan aplikasi pengalaman mereka dalam berbagai kegiatan, seperti memberi presentasi, menyebarkan informasi atau edukasi di media sosial dan blog mengenai API / SDK.

LINE akan mendukung API Expert yang bersertifikat dengan menyediakan produk pra-rilis versi beta dan menawarkan layanan tertentu secara gratis.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.