Mengenal Taptic Engine di iPhone 7

Riandanu Madi Utomo, Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 08 Sep 2016 10:13 WIB
apple
Mengenal Taptic Engine di iPhone 7
Apple membekali Taptic Engine lebih canggih pada iPhone 7.

Metrotvnews.com: Apple baru saja meluncurkan smartphone terbarunya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, di acara tahunan malam tadi. Ponsel cerdas terbarunya ini hadir dengan Taptic Engine baru, yang dikombinasikan dengan tombol Home baru dan lebih canggih.

Kombinasi antara keduanya ini diklaim Apple mampu menghadirkan umpan balik taktil yang lebih presisi dan dapat dimodifikasi. Penggunaan Taptic Engine juga memungkinkan tombol Home mengembalikan klik kepada pengguna.

Menurut Telegraph, Taptic Engine merupakan teknologi yang diciptakan Apple untuk memberikan efek "klik" seperti halnya Anda menekan tombol mekanik. Dalam aplikasinya, Taptic Engine akan bekerja bersama dengan teknologi Force Touch yang bisa membaca seberapa besar tekanan jari Anda ketika menekan tombol home di iPhone 7 yang kini bukan berbentuk tombol mekanik.

Kombinasi penggunaan Taptic Engine dan Force Touch

Melalui Force Touch, iPhone 7 bisa membaca apakah Anda menekan tombol home tersebut atau hanya menggunakan fungsi trackpad-nya saja. Jika sistem Force Touch membaca Anda sedang menekan tombol home, maka Taptic Engine akan memberikan umpan balik berupa getaran khusus yang menyerupai efek klik sehingga Anda akan merasa seperti menekan tombol mekanik.

Getaran yang disampaikan melalui tombol tersebut akan dimanfaatkan sebagai fitur notifikasi, dengan getaran unik untuk hal seperti pesan teks dan panggilan telepon. Perusahaan pihak ketiga juga dapat memprogram perintah mereka sendiri melalui API Tactic Engine.

Ini bukanlah pertama kalinya Apple menghadirkan bagian mekanik tersebut. Teknologi yang mirip sudah mereka terapkan pada iPod.

Penggunaan Taptic Engine membuat iPhone 7 tidak lagi menggunakan tombol mekanik yang memberikan celah masuknya air. Tanpa bagian tersebut, kesempatan kebocoran air ke dalam perangkat menjadi lebih kecil, serta kemungkinan bagi Apple untuk menghadirkan desain tertutup lebih rapat menjadi lebih besar.


(MMI)

Video /