Manfaatkan Jaringan 4G, XL akan Sediakan Mobile Broadband

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 06 Oct 2016 11:00 WIB
xl
Manfaatkan Jaringan 4G, XL akan Sediakan Mobile Broadband
XL akan sediakan layanan baru.

Metrotvnews.com, Jakarta: XL menyiapkan jaringan 4G LTE untuk menyediakan layanan mobile broadband dalam waktu dekat.

Dengan begitu, masyarakat yang tinggal di kota-kota yang telah terjangkau oleh jaringan 4G XL dapat menikmati layanan mobile broadband yang disediakan untuk perorangan, rumah tangga dan bisnis.

"Kini memasuki usia yang ke-20, XL terus menggencarkan kesiapan jaringan termasuk layanan mobile broadband yang merupakan bagian dari kontribusi XL membantu pemerintah membangun masyarakat menuju Indonesia Unggul,” kata Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya.

Untuk pengguna layanan mobile broadband, XL akan menyediakan perangkat khusus sebagai router. Router ini dapat mengakses jaringan 4G milik XL dan memancarkannya layaknya WiFi ke smartphone atau komputer pengguna.

Perangkat ini dapat memberikan akses internet ke 10 sampai 32 perangkat. XL menyebutkan, mereka akan menyediakan beberapa router dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Kecepatan maksimal dari layanan ini adalah 150 Mbps.

Yessie menjelaskan, ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh XL, antara lain memperluas pembangunan infrastruktur jaringan 4G, meningkatkan kapasitas jaringan, jaringan backbone dan transportasi, menggunakan small cell untuk memperkuat sinyal di beberapa lokasi dan menggunakan spektrum 900 MHz.

XL menjelaskan, dengan layanan mobile broadband, mereka berusaha untuk memberikan solusi akan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan internet yang cepat dan stabil, terutama karena sekarang ini, semakin banyak orang yang membutuhkan internet dalam kapasitas besar untuk mengakses video.

Menurut XL, saat ini, permintaan dari UKM untuk layanan internet cepat semakin meningkat. Alasannya adalah karena para pelaku UKM membutuhkan internet cepat untuk menunjang aktivitas pemasaran, karena kini, mereka dituntut untuk dapat menyajikan produk mereka dalam bentuk gambar dan video. 


(MMI)