Livestreaming

Apple Enggan Sebut Angka Penjualan Awal iPhone 7

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 09 Sep 2016 07:42 WIB
iphone 7
Apple Enggan Sebut Angka Penjualan Awal iPhone 7
Tampilan iPhone 7 Plus.

Metrotvnews.com: Apple telah memutuskan untuk tidak lagi mengumumkan jumlah iPhone yang terjual dalam masa pre-order dan minggu pertama penjualan.

Perubahan ini, kata Apple, adalah karena mereka yakin iPhone 7 akan terjual habis. Karena itulah, mereka menganggap angka penjualan awal tidak lagi menggambarkan tingginya permintaan masyarakat dan merupakan tolok ukur yang buruk bagi para investor. 

Menurut The Verge, meski apa yang dikatakan Apple mungkin benar, keputusan Apple ini juga bisa dilihat sebagai tanda bahwa mereka khawatir penjualan iPhone akan turun. Dari tahun ke tahun, Apple selalu mengklaim bahwa mereka berhasil memecahkan rekor penjualan terbanyak setiap peluncuran iPhone baru. 

Memang, tidak tertutup kemungkinan, Apple masih akan tetap berhasil memecahkan rekor penjualan terbanyak karena perlahan, mereka terus menambahkan negara-negara tempat iPhone diluncurkan pertama kali. Hal ini akan meningkatkan penjualan awal.

Selama ini, iPhone memang selalu terjual habis. Namun, tahun ini merupakan kali pertama Apple menggunakan alasan itu untuk tidak mengumumkan jumlah penjualan awal.

Dalam sebuah catatan yang diberikan pada CNBC, Apple kembali menjelaskan perkiraan pendapatan mereka di kuartal yang berakhir di bulan Oktober. Dari catatan tersebut terlihat Apple memperkirakan akan terjadi penurunan penjualan iPhone karena mereka menduga pendapatan akan turun sekitar 10 persen dari tahun lalu.

Hal ini menunjukkan bahwa penjualan iPhone 7 tidak akan dapat menutupi kekurangan penjualan pada iPhone yang ada saat ini. Meskipun begitu, secara keseluruhan, iPhone masih cukup populer di dunia. Namun, terlihat bahwa popularitas iPhone mulai menurun.


(MMI)

Video /