Acer Ciptakan Manik-Manik Cerdas untuk Konsumen Budha

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 06 Mar 2018 10:45 WIB
acer
Acer Ciptakan Manik-Manik Cerdas untuk Konsumen Budha
Acer menciptakan gelang manik-manik cerdas untuk menghitung jumlah mantra doa umat Budha.

Jakarta: Acer menciptakan gelang manik-manik berdoa untuk konsumen beragama Budha, diklaim mampu membantu menghitung dan melacak jumlah mantra yang dibacakan.

Manik-manik ini dilengkapi dengan chip untuk melacak jumlah mantra telah diulang dan ditampilkan di aplikasi.

Chip ini juga diklaim berkemampuan untuk mendeteksi jumlah perputaran manik yang dilakukan pengguna, dan satu putaran menandai satu mantra. Sebagai informasi, menurut data CIA World Factbook 2005, agama Budha dilaporkan dijalankan oleh satu per tiga populasi Taiwan.

Besarnya jumlah penganut agama ini menjadikan Budha sebagai agama terpopuler di Taiwan. Manik-manik ini juga dilaporkan memiliki peluang untuk memiliki fitur tambahan, seperti pembayaran elektronik, atau mendapatkan potongan harga dari toko dan restoran terkait.

Hingga saat ini, manik-manik ini hanya akan dipasarkan di negara asal Acer tersebut, dan direncanakan untuk dirilis pada pertengahan bulan Maret mendatang seharga NTD3.888 atau setara dengan USD132,78 (Rp1,9 juta).

Selain itu, hingga saat ini Acer belum memberikan tanggapan resminya terkait dengan produk tersebut. Sementara itu, Acer menjadi yang pertama memperkenalkan laptop yang menggunakan AMD Ryzen Mobile di Indonesia.

Acer memperkenalkan dua varian laptop Swift 3, dengan perbedaan terdapat pada jenis prosesor AMD Ryzen Mobile yang digunakan. Acer Swfit 3 (SF315-41) dibekali prosesor AMD Ryzen 5 Mobile dan AMD Ryzen 7 Mobile.

Sebelumnya, Acer juga memperkenalkan perangkat desktop gaming terbaru di lini Predator, yaitu Orion 9000 (PO9-900) di Indonesia. Perangkat ini diklaim Acer sebagai perangkat gaming dengan desain gahar dan dukungan daya paling bertenaga.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.