Tak Laku di Tiongkok, iPhone 8 Didiskon

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 31 Oct 2017 12:05 WIB
appleiphone
Tak Laku di Tiongkok, iPhone 8 Didiskon
Apple iPhone 8 mendapatkan diskon di Tiongkok. (AFP PHOTO / Josh Edelson)

Metrotvnews.com: Para penjual online di Tiongkok memotong harga dari iPhone 8 dan 8 Plus hingga CNY1,100 (Rp2,3 juta). Alasannya adalah karena keduanya kurang menarik minat masyarakat.

South China Morning Post melaporkan, penjual elektronik terbesar di Tiongkok, Suning Appliance, menurunkan harga iPhone 8 dan menawarkan diskon tambahan untuk siapapun yang mau memberikan deposit sebesar CNY100 (RP204 ribu) pada iPhone 8 dengan kapasitas yang lebih besar. 

Sementara itu, penjual online lainnya, JD.com juga memberikan diskon sekitar 10 persen untuk iPhone 8. Menurut The Verge, di luar Hong Kong, biasanya iPhone baru jarang mendapatkan diskon. Beberapa analis memperkirakan, kedua iPhone baru ini memiliki penjualan yang lebih baik dari iPhone 7. Pertumbuhan merek Apple masih kalah dari merek-merek lokal seperti Oppo, Vivo, Huawei dan Xiaomi. 

Mengingat iPhone 8 mendapatkan sambutan yang dingin dari konsumen di dunia, keputusan para penjual online di Tiongkok untuk memberikan diskon bukanlah hal yang aneh. 

Sebelum ini, lebih banyak konsumen di Amerika Serikat yang membeli iPhone 7 daripada iPhone 8. Itu artinya, iPhone 7 lebih laku dari iPhone 8. Di AS, harga iPhone 8 lebih mahal USD150 (Rp2 juta) dari iPhone 7.

Jika harga iPhone 8 diturunkan sehingga tidak jauh berbeda dari iPhone 7, maka itu bisa membuat masyarakat lebih tertarik untuk membeli model terbaru dari iPhone tersebut. 

Orang-orang yang biasanya langsung membeli iPhone terbaru tampaknya lebih memilih untuk menunggu kehadiran iPhone X. Memang, Apple menyebutkan bahwa iPhone X disambut dengan hangat oleh para konsumen. Mereka mengatakan, jumlah pesanan iPhone X sangat tinggi


(MMI)