Facebook Masuki Bisnis Hardware dengan Perangkat Video Chat

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 10 Jan 2018 10:58 WIB
facebook
Facebook Masuki Bisnis Hardware dengan Perangkat Video Chat
Facebook bersiap memasuki ranah bisnis hardware via perangkat video chat bernama Portal.

Jakarta: Menurut laporan terbaru, Facebook akan memasuki ranah bisnis hardware melalui perangkat yang disebut Portal. Produk ini dirancang untuk penggunaan rumahan dan ditujukan untuk membantu keluarga tetap terhubung melalui video chat.

Selain itu, Portal juga dilaporkan memanfaatkan platform media sosial lainnya. Perangkat tersebut diperkirakan akan diumumkan pada ajang konferensi tahunan Facebook, yaitu Facebook F8 pada bulan Mei mendatang.

Perangkat ini juga diprediksi akan mulai didistribusikan pada pertengahan tahun kedua 2018 ini. Portal akan hadir dengan tampilan serupa speaker cerdas Amazon Echo Show, berbekal layar berukuran 7 inci.

Perangkat karya Facebook ini juga akan dibekali dengan kamera bersudut pandang luas, berkemampuan mengenali wajah dan menyamakannya dengan akun Facebook pemilik wajah tersebut. Namun jika dibandingkan dengan Echo Show, Portal akan dipasarkan dengan harga lebih tinggi.

Facebook diperkirakan akan memasarkan Portal seharga USD499 (Rp6,7 juta), lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga Amazon Echo Show sebesar USD230 (Rp3 juta). Namun, Facebook juga dapat menurunkan harga tersebut untuk menarik minat konsumen.

Hingga saat ini, Facebook masih menolak untuk berkomentar terkait dengan laporan tersebut. Namun CEO Facebook Mark Zuckerberg dilaporkan telah memberitahukan pegawai bahwa dirinya tidak mempedulikan pendapatan yang diperoleh dari Portal.

Zuckerberg hanya berharap kehadiran perangkat ini mampu mendorong penggunaan aktif oleh konsumen serupa ponsel untuk tetap terhubung dengan keluarga dan rekan.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

2 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.