Para Investor Minta Apple Atasi Kecanduan Ponsel pada Anak

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 09 Jan 2018 11:18 WIB
applesmartphone
Para Investor Minta Apple Atasi Kecanduan Ponsel pada Anak
Apple diminta untuk ikut turun tangan dalam mengatasi kecanduan smartphone. (AFP PHOTO / Josh Edelson)

Jakarta: Dua investor meminta Apple mengembangkan software untuk membatasi durasi anak-anak menggunakan smartphone mereka. Permintaan ini datang dari grup investasi yang memegang saham Apple senilai USD2 miliar (Rp27 triliun). 

Surat yang meminta Apple untuk membuat kunci digital itu ditandatangani oleh Jana Partners dan badan dana pensiun guru California. Surat tersebut dikirimkan ke Apple akhir pekan kemarin, lapor BBC. Permintaan tersebut juga mendapatkan sambutan baik dari kalangan akademisi yang memelajari tentang penggunaan teknologi oleh generasi muda. 

Jana Partners dan California State Teachers' Retirement System (CalSTRS) meminta Apple untuk mempertimbangkan kembali dampak dari penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan pada mental generasi muda.

Dalam suratnya, keduanya menyebutkan berbagai studi yang memelajari bagaimana penggunaan ponsel yang berlebihan dapat mengganggu pembelajaran, merusak kemampuan siswa untuk berkonsentrasi pada tugas sekolah dan juga membuat siswa kekurangan tidur. 

Surat itu juga membahas tentang pengaruh dari penggunaan media sosial yang terlalu lama pada kepercayaan diri dan depresi pada anak. Keduanya khawatir, jika Apple tidak berusaha untuk mengatasi masalah terkait penggunaan smartphone berlebihan, hal itu akan memengaruhi harga saham Apple. 

Menurut laporan Reuters, setengah dari remaja Amerika Serikat percaya, mereka memang kecanduan smartphone dan merasa harus segera menjawab pesan yang mereka terima.

Kedua grup investasi Apple ini juga mengaku bahwa memang, ada banyak faktor yang memengaruhi kesehatan mental seseorang. Namun, mereka menambahkan, akan "tidak masuk akal" untuk membantah bahwa penggunaan smartphone dalam waktu lama memiliki dampak buruk pada penggunanya. 

Para pembuat dari "produk yang begitu hebat" harus membantu para orangtua untuk memastikan bahwa ponsel digunakan dengan baik. Mereka meminta Apple untuk memperbaiki sistem pengawasan orangtua pada ponsel.

Dua grup investasi itu juga menyebutkan, mereka akan menyambut dengan terbuka diskusi terkait masalah ini dengan anggota dewan Apple. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.