Apple Kena Tuntut Startup Israel

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 08 Nov 2017 11:43 WIB
apple
Apple Kena Tuntut Startup Israel
Apple dituntut oleh startup asal Israel. (AFP PHOTO / Josh Edelson)

Metrotvnews.com: Sebuah startup asal Israel menuntut Apple, menuduh bahwa sang pembuat iPhone telah menggunakan teknologi kamera smartphone yang telah mereka patenkan tanpa izin.

Ialah Corephotonics, startup yang telah berhasil mengumpulkan USD50 juta (Rp676,3 miliar) dari berbagai perusahaan modal ventura dan investor tenama. Mereka menyebutkan, teknologi dua kamera yang telah mereka patenkan digunakan oleh Apple pada iPhone 7 Plus dan 8 Plus tanpa izin mereka, lapor Reuters.

Menurut tuntutan itu, CEO Corephotonics, David Mendlovic telah mengajak Apple untuk bekerja sama. Apple memuji teknologi yang dibuat oleh startup itu meski pada akhirnya menolak untuk menggunakan lisensinya, ujar Corephotonics, bahkan menyebutkan bahwa mereka bisa melanggar paten itu tanpa perlu takut akan konsekuensinya.

Dalam dokumen tuntutan, Corephonics menulis, "Perwakilan utama Apple meremehkan paten Corephotonics, mengatakan pada Dr. Mendlovic dan orang-orang bahwa meskipun Apple melanggar paten, akan diperlukan waktu bertahun-tahun dan uang jutaan dollar sebelum Apple dipaksa untuk membayar."

Juru bicara Apple menolak untuk menjawab ketika diminta untuk berkomentar.

Banyak smartphone premium yang menggunakan sistem dua kamera yang bisa melakukan zoom in tanpa mengurangi ketajaman gambar. Apple juga memiliki paten teknologi mereka sendiri terkait teknologi dua kamera.

Melalui pendanaan pada Januari, Corephotonics berhasil mendapatkan USD15 juta (Rp203 miliar) dari berbagai investor, termasuk dari Samsung Ventures, manufaktur Foxconn dan perusahaan pembuat prosesor MediaTek. Foxconn merupakan salah satu manufaktur kontrak Apple. Sementara Apple menganggap MediaTek sebagai penyuplai prosesor, menurut Wall Street Journal.


(MMI)