iPhone X Bantu Apple Geser Samsung di Amerika Serikat

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 09 Nov 2017 09:07 WIB
apple
iPhone X Bantu Apple Geser Samsung di Amerika Serikat
iPhone X akan menjadi smartphone paling banyak terjual yang pernah diciptakan Apple.

Metrotvnews.com: Samsung adalah vendor smartphone nomor 1 dunia berdasarkan data IDC. Namun, kini data lain menyebutkan bahwa hal tersebut tidak berlaku di pasar Amerika Serikat, sebab Apple berhasil menyalipnya.

Android Authority melaporkan iPhone X berhasil menjadi pendongkrak kesuksesan Apple menyalip Samsung di Amerika Serikat. Laporan tersebut didasarkan pada hasil pengamatan perusahaan riset bernama Strategy Analytics, dijelaskan bahwa persebaran perangkat Apple jauh lebih banyak dari Samsung.

Data Strategy Analytics menyebutkan, Samsung mengirimkan smartphone ke Amerika Serikat sebanyak 9,9 juta di kuartal ke-3 tahun 2017. Apple justru lebih banyak lagi, 12 juta unit iPhone termasuk di dalamnya iPhone X.

Jumlah tersebut berdampak terhadap pangsa pasar yang dikuasai vendor tersebut. Apple berhasil meraup market share sebanyak 30,4 persen dibandingkan Samsung yang 25,1 persen saja.

Berdasarkan data IDC terkait jumlah pengiriman perangkat smartphone secara global di kuartal ke-3 tahun 2017, Samsung berada di posisi pertama, sedangkan Apple persis di belakangnya.

Pasar Amerika Serikat menjadi pengecualian, Apple kini resmi menjadi peringkat satu di pasar tersebut sedangkan Samsung di posisi dua. Hal ini semakin mempertegas bahwa Amerika Serikat adalah pangsa pasar bagi Apple khsusnya produk iPhone. 

Banyak pihak memprediksi bahwa di kuartal ke-4 tahun 2017, Apple bakal menduduki posisi satu di kancah global. Prediksi tersebut didukung optimisme iPhone X akan menjadi smartphone buatan Apple yang paling laku. Samsung tetap akan mengambil untung dari kondisi tersebut karena diketahui bahwa Samsung juga menjadi penyedia komponen bagi iPhone X.

Pertarungan antara Samsung dan Apple memang menarik untuk diikuti, sebab persaingan di antara keduanya tidak hanya pada perangkat, tetapi juga diketahui soal gugatan pengadilan terkait hak paten yang sudah dilakukan berkali-kali. Kedua vendor ini seakan mewakili pertarungan antara smartphone iOS versus Android.


(MMI)