Firefox Quantum, Peramban Khusus untuk Saingi Google Chrome

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 15 Nov 2017 13:17 WIB
mozilla firefox
Firefox Quantum, Peramban Khusus untuk Saingi Google Chrome
Mozilla membuat Firefox Quantum agar tidak kalah dari peramban lainnya.

Metrotvnews.com: Seseuai janji, Mozilla meluncurkan Firefox Quantum hari ini. Peramban terbaru dari Mozilla itu lebih cepat dengan antarmuka yang lebih rapi dari versi sebelumnya. Namun, itu bukan berarti Mozilla tidak punya ketakutan tersendiri terkait peramban barunya tersebut.

Kepada Mashable, Vice President of Product, Firefox, Nick Nguyen mengungkapkan ketakutan terbesarnya: para pengguna Chrome tidak bersedia untuk mencobanya. 

"Ketakutan terbesar saya adalah orang-orang tidak akan mencobanya," katanya. "Sama seperti versi lainnya -- kami melakukan ini untuk membuat hidup orang menjadi lebih baik. Jika orang-orang tidak menggunakan produk Anda, Anda tidak punya kesempatan untuk melakukan itu."

Nguyen dan timnya di Firefox punya rencana besar. Mereka ingin Quantum bisa mengalahkan Google Chrome dan menjadi peramban utama para pengguna internet. "Sekarang, orang-orang menggunakan Firefox sebagai peramban kedua mereka," katanya.

"Kami rasa, Firefox cukup baik untuk menjadi peramban utama Anda."

Jika tertarik, Anda bisa mengunduh Firefox Quantum.

Firefox Quantum diklaim sangat cepat. Mozilla melakukan pengujian untuk membuat beberapa situs ternama.

Seperti yang Anda lihat dalam video di bawah, ada beberapa situs yang bisa dibuka oleh Quantum dengan lebih cepat dari Chrome, termasuk Google Search. Namun, Chrome masih lebih cepat ketika membuka Google dan YouTube. 



Selain itu, pada komputer berbasis Windows, Quantum menggunakan memori 30 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan pesaing seperti Chrome dan Edge.

Itu artinya, Anda bisa membuka 30 persen lebih banyak tab tanpa harus khawatir performanya akan melambat. Sementara pada macOS, Quantum hanya menggunakan memori sedikit lebih banyak dari Chrome. 

Mozilla juga melakukan perubahan pada antarmuka Quantum. Sebelum melakukan perubahan ini, mereka melakukan penelitian tentang bagaimana para pengguna menggunakan peramban. Mozilla telah membuat sejumlah perubahan kecil, tapi signifikan berdasarkan temuan mereka.

Misalnya, menurut Nguyen, pengguna lebih tidak sabar menanti konten halaman daripada grafik atau sidebar.

Karena itu, Firefox Quantum akan menampilkan konten dari sebuah situs terlebih dulu sebelum menampilkan logo atau grafik lainnya. Sejatinya, Nguyen ingin peramban yang tidak hanya cepat tapi juga mudah untuk digunakan. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.