Prosesor Intel Prosesor Gemini Lake Incar Perangkat Kelas Pemula

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 14 Dec 2017 12:02 WIB
intel
Prosesor Intel Prosesor Gemini Lake Incar Perangkat Kelas Pemula
Pentium Silver merupakan salah satu varian dari prosesor Gemini Lake

Jakarta: Intel baru saja memperkenalkan prosesor terbarunya, Intel Pentium Silver dan Intel Celeron. Dua prosesor yang menggunakan kode nama Gemini Lake ini diklaim hadir untuk keseimbangan kinerja dan konektivitas dalam penggunaan perangkat komputasi sehari-hari.

Prosesor untuk perangkat kelas pemula yang diklaim memiliki daya tahan baterai sangat baik ini juga dikatakan mampu memberikan kinerja yang lebih baik dari PC berumur 4 tahun.

Prosesor Gemini Lake bakal hadir dengan chip WiFi terintegrasi dengan teknologi koneksi 802.11ac yang berjalan di frekuensi 160MHz. Ini berbeda dengan prosesor Pentium dan Celeron sebelumnya yang masih menggunakan WiFi 802.11b/g/n.

Intel mengklaim dengan teknologi WiFi baru ini, konektivitas perangkat dapat didongkrak hingga 12 kali lipat.



Selain itu, prosesor Gemini Lake juga dikatakan akan dapat menangani file media terbaru yang disempurnakan sehingga penggunanya bisa melakukan video streaming resolusi tinggi dari YouTube dan situs berbagi video lainnya.

Selain itu, Intel juga menghadirkan teknologi display Local Adaptive Contrast Enhancement (LACE) di prosesor ini. LACE merupakan teknologi yang dirancang untuk membantu pengguna melihat layar dengan jelas saat berada di luar ruangan yang penuh cahaya.



Jajaran prosesor Intel Pentium Silver terdiri dari prosesor N5000 untuk laptop dan J5005 untuk desktop. Sementara prosesor Intel Celeron terbaru terdiri dari N4100 dan N4000 untuk mobile serta J4105 dan J4005 untuk desktop. Semua prosesor tersebut dijadwalkan hadir per Q1 2018.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.