Harbolnas 2017

Catat Prestasi Harbolnas Terbaik, Xiaomi Paling Diburu di Lazada

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 14 Dec 2017 16:55 WIB
lazadaharbolnas 2017
Catat Prestasi Harbolnas Terbaik, Xiaomi Paling Diburu di Lazada
Di Indonesia Lazada sudah menggelar Harbolnas sepanjang 6 tahun.

Jakarta: Menjadi salah satu pelopor ajang Hari Belanja Online Nasional di Indonesia, Lazada mengaku tahun ini berhasil mencatatkan hasil terbaik, setelah menyelenggarakan ajang diskon tersebut selama 6 tahun.

Pada 12 Desember 2017 lalu Lazada resmi kembali melaksanakan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Berdasarkan informasi yang dibagikan Lazada sehari setelahnya mereka menjabarkan prestasi yang diklaim teraik dibandingkan Harbolnas yang pernah terlaksana.

"Kami merasa senang melihat antusiasme yang tinggi dari konsumen untuk berbelanja online pada saat Harbolnas ini, bahkan melebihi ekspektasi kami dengan jumlah kenaikan GMV lebih dari 10X dibandingkan hari biasanya," ungkap Co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm.

Dia membandibandingkan Harbolnas tahun lalu pun. Jumlah nilai GMV (Gross Merchandise Value) tahun ini tumbuh sebesar 2.5X. GMV merupakan tolok ukur yang menjadi indikator seberapa populer layanan e-commerce berdasarkan volume transaksi yang berlangsung di dalamnya.

Di hari tersebebut, nilai total GMV meningkat 10 kali lipat ketimbang hari biasa. Hal yang serupa juga terjadi di jumlah kunjuungan ke layanan Lazada, yang tercatat hingga 4 kali lipat dibandingkan hari biasa. Ada lebih dari 6.000 penjual baru yang bergabung dalam Harbolnas kali ini.

Gadget disebut masih menjadi salah satu kategori produk favorit pengunjung layanan Lazada. Lazada menyebutkan Xiaomi mendominasi penjualan gadget untuk smartphone dengan total penjualan sebanyak 75.000 unit.

Brand elektronik lainnya juga tidak kalah populer yakni Samsung untuk TV, Harman Kardon untuk perangkat audio, Sony untuk kamera, dan HP untuk laptop. Lazada juga memantau pukul 00.00 hingga 10.00 di tanggal 12 Desember 2017 menjadi waktu teramai selama Harbolnas.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.