Android P Tak Lagi Dukung Sejumlah Perangkat Google?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 08 Mar 2018 16:07 WIB
google
Android P Tak Lagi Dukung Sejumlah Perangkat Google?
Google menghentikan dukungan untuk sejumlah perangkat, termasuk tablet Pixel C, pada sistem operasi Android P.

Jakarta: Google mengonfirmasi penghentian dukungan untuk perangkat Google, seperti Nexus 5X dan Nexus 6P, serta tablet Pixel C pada sistem operasi terbarunya, Android P. Perangkat ini tidak akan mendapatkan update Android P saat versi akhirnya resmi meluncur.

Tidak hanya itu, Google juga menyebut tidak akan menyediakan gambar Developer Preview untuk Nexus Player. Perangkat ini resmi diluncurkan pada empat tahun lalu, yaitu tahun 2014, waktu yang dinilai cukup mampu menjadi alasan di balik penghentian dukungannya.

Sementara itu, Nexus 5X dan Nexus 6P, serta tablet Pixel C akan tetap memperoleh update keamanan setidaknya hingga bulan November tahun ini. Namun ketiganya hanya akan dapat menggunakan Android 8.1 Oreo sebagai sistem operasi, selama menerima update dari Google.

Hal ini serupa saat iOS 11 berfunsgi di iPhone 5S keluaran tahun 2013, iPad mini 2, dan iPod Touch generasi keenam. Selain itu, dukungan tablet Android juga dinilai sekadarnya, sebab tablet resmi terakhir Google tidak lagi termasuk pada daftar penerima update besar.

Meskipun demikian, Google merupakan perusahaan yang berbekal kemampuan untuk memindahkan fitur utama dari sistem operasinya ke dalam aplikasi dan layanan. Selain itu, sifat alami terbuka Android yang dikombinasikan dengan dukungan komunitas akan mampu mengisi celah yang dihasilkan oleh penghentian dukungan tersebut.

Sementara itu, pemenang ajang Google Launchpad Accelerator ke-5 dari Indonesia, Kulina, berbagi pengalaman dan ilmu yang mereka peroleh di pelatihan dan berkunjung ke Silicon Valley kepada startup lain di Indonesia.

Sebelumnya, Google turut menghadirkan Doodle dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional. Menariknya, kali ini, Google mengajak 12 ilustrator untuk membuat cerita pendek yang ditampilkan sebagai bagian dari Doodle.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.