Melebihi Waktu Kerja, Pelajar Magang Ini Rakit 1.200 iPhone X Sehari

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 22 Nov 2017 10:27 WIB
teknologiapple
Melebihi Waktu Kerja, Pelajar Magang Ini Rakit 1.200 iPhone X Sehari
CEO Apple, Tim Cook berbincang dengan pekerja di fasilitas perakitan iPhone milik Foxconn saat berkunjung beberapa waktu lalu.

Jakarta: Kasus pekerja lembur berlebihan kembali terdengar dari pabrik perakitan iPhone di Foxconn. Kejadian ini serupa kasus tahun lalu.

Dilaporkan oleh Financial Times bahwa beberapa pelajar di Tiongkok yang magang di pabrik tersebut bekerja hingga 11 jam merakit bagian lensa iPhone X. Beberapa pelajar yang berhasil diwawancarai menyebutkan mereka bisa merakit hingga 1.200 komponen iPhone X dalam sehari.

Tentu saja waktu kerja tersebut sebetulnya melanggar peraturan perlindungan pekerja di Tiongkok, apalagi untuk pelajar yang berstatus magang. 6 orang yang menuturkan kondisi tersebut merupakan bagian dari 3.000 pelajar magang sejak September.

Para pelajar ini rata-rata berusia 17-19 tahun, dijelaskan bahwa mereka harus mendapatkan pengalaman kerja untuk lulus ujian sekolah. Padahal, mereka mengenyam pendidikan di Zhengzou Urban Rail Transit School atau sekolah pendidikan transportasi kota.

"Kami dipaksa sekolah untuk mengambil magang di sini, dan kami sebenarnya hal ini tidak berkaitan dengan bidang studi," tutur pelajar berusia 18 tahun dengan nama samaran, Yang.

Pihak sekolah dilaporkan belum memberikan komentar. Pihak Apple dan Foxconn mengaku sudah menerima kabar tersebut dan berjanji segera melakukan investigasi serta tindakan selanjutnya.

Apple justru menyebut bahwa pelajar secara sukarela, dan mengakui jam kerja bagi pelajar magang tersebut sudah melewati peraturan. Pihak Foxconn menyebutkan para pelajar magang dilarang bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu.

Tahun lalu, seorang lulusan New York University bermana Dejian Zeng menyamar dan bekerja di pabrik manufaktur iPhone. Di sana dia menemukan bahwa kondisinya tidak jauh berbeda dengan kabar yang beredar seputar Foxconn.

Zeng harus bekerja selama 12 jam dan memasang 1.800 baut ke 1.800 iPhone selama 6 hari dalam seminggu, dengan penghasilan yang tidak seberapa.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /