Intel Akui Ada Celah Keamanan di Prosesornya

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 23 Nov 2017 18:41 WIB
intelcyber security
Intel Akui Ada Celah Keamanan di Prosesornya
Beberapa prosesor Intel memiliki celah keamanan yang cukup serius

Jakarta: Intel akhirnya mengakui beberapa lini prosesornya memiliki celah keamanan kyang cukup berbahaya.

Celah keamanan yang terdapat di bagian Management Engine tersebut dikatakan memungkinkan hacker mengambil alih kendali komputer sepenuhnya dari jarak jauh. 

Sejauh ini, jenis prosesor yang diketahui memiliki celah keamanan ini adalah seri prosesor Intel generasi ke-6, 7, dan 8, termasuk Intel Core, Pentium, Celeron, Atom, dan beberapa varian Xeon.

Menurut Engadget, salah satu skenario terburuk akibat celah keamanan ini adalah hacker bisa menyusupkan program berbahaya ke dalam komputer targetnya. Lebih parahnya lagi, semua itu bisa dilakukan dari jarak jauh melalui Management Engine dan Intel Server Platform Services.

Sementara itu, Intel sudah merilis sebuah tool khusus untuk mendeteksi dan mencegah penggunaan celah keamanan tersebut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa vendor PC seperti Dell dan Lenovo juga sudah mengeluarkan daftar perangkat yang memiliki celah keamanan tersebut. Sayangnya hingga saat ini belum ada update firmware yang bisa menutup celah keamanan ini.

Jika Anda memiliki PC atau perangkat lain yang menggunakan prosesor yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda segera memeriksa update sistem operasi terkini, karena tool deteksinya sudah tersedia di Windows dan Linux.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /