Beredar, 3 Desain Ponsel Huawei Usung 3 Kamera

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 02 Jan 2018 13:35 WIB
huawei
Beredar, 3 Desain Ponsel Huawei Usung 3 Kamera
Huawei P10 (kiri) dan Huawei P9 (kanan) keduanya menjadi dua seri Huawei P hasil kerja sama dengan Leica.

Jakarta: Dua kamera dalam jajaran ponsel flagship tampak masih laku di tahun 2018. Kini Huawei siap melipat gandakan kepopuleran tersebut.

Seperti yang diketahui, sebelumnya Huawei sempat merilis Nova 2i yang mengusung kamera ganda di depan dan belakang. Dilaporkan WCCFTech, beredar bocoran di media sosial Weibo yang menampilkan desain mentah dari smartphone yang disebut-sebut berasal dari seri P.

Seri P adalah salah satu lini smartphone Huawei yang menggandeng merek lensa legendaris Leica. Tidak tanggung, dikabarkan desain tersebut mewakili 3 varian smartphone Huawei seri P yakni P20, P20 Plus, dan P20 Pro.

Dari tiga gambar desain yang beredar, ada beberapa informasi yang bisa digali. Gambar desain pertama yang diduga sebagai Huawei P20 mengusung layar dengan rasio 18:9 seperti tren layar smartphone di akhir 2017 kemarin. 



Selain itu, juga terdapat tombol home yang kemungkinan juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Pada bagian punggungnya terdapat 3 buah kamera yang berjajar horizontal dilengkapi sebuah Dual Flash LED.

Kemudian gambar desain kedua masih memiliki tampilan wajah yang sama seperti sebelumnya. Hal yang membedakannya adalah susunan 3 kamera belakang yang berjajar vertikal. Gambar desain ini diduga sebagai desain P20 Plus.



Selanjutnya di gambar desain ketiga ukuran layar yang diusung tampak masih berprinsip pada rasio 18:9 tapi tidak menyisakan ruang untuk tombol home di bagian bawah layar. Justru pada bagian layar terdapat 'jambul' seperti desain layar iPhone X.



Sebagai gantinya pada bagian belakang terdapat lapisan pemindai sidik jari tepat di tengahnya. Di atas pemindai sidik jari terdapat 3 buah kamera yang berjajar vertikal. Desain ini disebut sebagai desain dari Huawei P20 Pro.

Kabar lain yang beredar adalah smartphone ini akan memiliki 3 fungsi yang berbeda dan menghasilkan kemampuan kamera 40MP. Tentu saja hal ini masih butuh konfirmasi lagi, bisa saja gambar desain yang beredar hanya beberapa pilihan desain untuk perangkat Huawei seri P terbaru dan bukan mewakili 3 varian smartphone tersebut.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.