Telkomsel Luncurkan Solusi Fleet Management, Fleet Sight

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 27 Nov 2017 14:16 WIB
telkomseltelekomunikasicorporate
Telkomsel Luncurkan Solusi Fleet Management, Fleet Sight
Telkomsel meluncurkan solusi layanan fleet management, bertajuk FleetSight.

Jakarta: Telkomsel resmi merilis solusi Internet of Things (IoT) berupa solusi Fleet Management, bertajuk Telkomsel FleetSight. Solusi ini menawarkan layanan pengelolaan armada yang menyinergikan perangkat telematika berbasis satelit.

"Solusi ini bermanfaat untuk perusahaan yang memiliki kendaraan sehingga membantu memanage kendaraan agar lebih aman, dan efisien. Solusi ini sifatnya mudah, sesuai untuk pelanggan yang tidak ingin repot," ujar Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah.

Solusi ini diklaim berbeda dari karya kompetitor, salah satunya berkat dukungan cakupa jaringan Telkomsel yang luas. Solusi ini juga mengandalkan jaringan 2G dan 3G, diklaim mampu mendukung industri pertambangan yang umum berlokasi di daerah terpencil.

Selain itu, jaringan 2G dan 3G juga dimanfaatkan Telkomsel pada layanan ini untuk mendukung perangkat pelacak teknologi berstandar internasional, guna memastikan layanan. Layanan ini juga diintegrasikan dengan IoT Control Center milik Telkomsel, memungkinkan pengguna mengakses Web Dashboard.

Akses pada Web Dashboard ini dapat dimanfaatkan pengguna untuk melakukan analisis berbasis informasi yang diperoleh dari kendaraan. Selain itu,  Informasi yang ditampilkan pada Web Dashboard tersebut juga dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Pada tahap awal, Telkomsel menggandeng Michelin dan Daihatsu dalam penerapan layanan Fleet Management tersebut. VP IoT Telkomsel Marina Kacaribu turut menyebut, layanan ini hadir setelah melihat potensi pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia yang bertumbuh pesat, dengan 40 persennya merupakan kendaran komersial.

Tidak hanya lebih efisien, layanan ini juga diharapkan Telkomsel dapat membantu perusahaan, terutama dengan armada kendaraan besar, untuk mengoptimalkan produktivitas dan meningkatkan keselamatan armada operasional mereka.


(MMI)

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu
Review Smartphone

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu

2 weeks Ago

Honor 10 menjadi smartphone flagship pertama Honor yang diboyong ke Indonesia.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.