Jaringan XL Bermasalah, Pengguna Mengeluh di Twitter

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 26 Mar 2018 07:43 WIB
xltelekomunikasi
Jaringan XL Bermasalah, Pengguna Mengeluh di Twitter
Pengguna XL Axata mengeluhkan permasalahan jaringan internet terjadi sejak hari Sabtu.

Jakarta: Jaringan internet salah satu operator besar Indonesia, XL Axiata, dikeluhkan penggunanya mengalami permasalahan. Menurut cuitan pengguna melalui media sosial Twitter, permasalahan tersebut telah mereka rasakan sejak hari Sabtu (24/3/2018) pagi.

Tidak hanya di Jakarta, kepada akun Twitter layanan pengguna XL, yaitu @myXL dan @myXLCare, pengguna operator seluler ini mengeluhkan permasalahan bahwa juga mereka rasakan di wilayah lain seperti Bogor, Tangerang, hingga Bali.

Sejumlah pengguna mengeluhkan jaringat internet yang sering kali terputus dan melambat saat digunakan. Selain itu, sejumlah pengguna turut menyebut telah berupaya memperbaiki permasalahan ini dengan cara menonaktifkan sementara perangkat sebelum mengaktifkannya kembali, meski tidak berhasil.

Namun, permasalahan yang dialami pengguna XL Axiata ini disebut pengguna hanya berdampak pada jaringan internet. Sejumlah pengguna mengaku masih dapat menggunakan layanan panggilan telepon ataupun pesan SMS dengan lancar.

Pihak XL Axiata mengaku telah mengetahui permasalahan tersebut, dan meminta maaf terkait dengan permasalahan ini. Melalui Head of External Communications PT XL Axiata, Henry Wijayanto, XL Axiata menyampaikan bahwa telah terjadi kendala teknis pada jaringan yang berdampak pada layanan di sejumlah kecil area.

Henry turut mengumumkan bahwa sejak Sabtu malam XL Axiata terus berupaya melakukan penanganan terkait dengan permasalahan ini. Kemarin, Henry menyebut bahwa layanan internet XL Axiata telah berangsur membaik.

"Layanan secara bertahap telah mulai berangsur normal sejak tadi malam dan kami juga terus berupaya untuk memastikan kenyamanan pelanggan dapat tetap terjaga dengan baik," ujar Henry.

 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.