Google Doodle VR Pertama Jadi Penghargaan untuk Georges Méliès

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 03 May 2018 11:08 WIB
internetgoogle
Google Doodle VR Pertama Jadi Penghargaan untuk Georges Méliès
Google Doodle hari ini.

Jakarta: Perlahan, doodle buatan Google berevolusi. Doodle tidak lagi hanya menampilkan gambar, tapi juga animasi, game, musik dan banyak hal lainnya. Sekarang, Google membuat Doodle dengan teknologi Virtual Reality (VR). 

Google meluncurkan doodle VR pertamanya sebagai penghargaan pada Georges Méliès, seorang sutradara film dan juga ahli ilusi asal Prancis. Fast Company menyebutkan, peluncuran Doodle ini bertepatan dengan perayaan ke-106 dari hasil karya Méliès yang paling populer, “À la conquête du pôle.”

Doodle 360 derajat ini akan membawa Anda masuk ke dalam cerita berjudul "Kembali ke Bulan." CNET menyebutkan, keseluruhan Doodle hari ini didasarkan pada aset seni original Méliès. Google bahkan menggunakan teknik film yang dia gunakan dalam berbagai filmnya. 



Art director Hélène Leroux berkata, "Kami menggunakan pendekatan layaknya pembuatan drama atau pertunjukan balet di teater, yang membiarkan Anda memilih untuk fokus apa yang ingin Anda lihat. Dalam situasi ini, penonton menjadi kamera, mengedit film mereka sendiri."

Jika Anda melihatnya menggunakan peramban di komputer untuk menonton Doodle ini, Anda bisa menggunakan mouse untuk mengganti sudut pandang dari video 360 derajat. Anda juga bisa menontonnya di channel YouTube Spotlight Stories milik Google. 

Namun, tentu saja, video ini akan lebih menarik untuk ditonton menggunakan headset VR, seperti Cardboard atau Daydream.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.