Computex 2018

ASUS Lyra Voice, Gabungan Router dan Speaker Cerdas

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 08 Jun 2018 10:54 WIB
asushardwareComputex 2018
ASUS Lyra Voice, Gabungan Router dan Speaker Cerdas
ASUS Lyra Voice. (ASUS)

Taipei: Sebagai produsen perangkat jaringan, ASUS cukup dikenal. Dalam ajang Computex 2018 yang diadakan sejak 5 Juni lalu, ASUS memperkenalkan beberapa router terbarunya. Selain GT-AX11000, perusahaan asal Taiwan itu juga memperkenalkan ASUS Lyra Voice, yang cukup menarik perhatian.

Alasannya, router ini juga bisa berfungsi sebagai speaker pintar seperti Amazon Echo atau Google Home, yang merupakan smart speaker yang dilengkapi dengan asisten virtual. Dengan kata lain, router baru ASUS ini dilengkapi teknologi asisten digital berbasis suara.

Sebagai router mesh WiFi, ASUS Lyra Voice hadir dengan teknologi frekuensi tri-band AC2200 dengan satu frekuensi 2,4Ghz dan dua 5GHz. Dalam situs resminya, ASUS menyebutkan bahwa router barunya memiliki standar kemampuan WiFi 802.11ac, membuatnya cocok untuk digunakan di rumah besar.

Soal desain, ASUS Lyra Voice memiliki desain yang lebih meyerupai speaker pintar daripada router mesh WiFi. ASUS Lyra berbentuk tablet dengan ukuran 270x75x75mm. Ketika digunakan, ASUS Lyra Voice akan terhubung dengan ekosistem router ASUS Lyra dan menjadi titik kendali utama.

Sebagai titik kendali utama, Anda bisa memberikan perintah dan mengendalikan seluruh perangkat elektronik lain yang terhubung ke WiFi ASUS Lyra lewat perintah suara, serupa seperti ekosistem pintar yang dikembangkan Google WiFi dan asisten digitalnya.

Meskipun begitu, ASUS tidak membuat asistem digital sendiri. Sebagai gantinya, mereka mengadopsi Alexa buatan Amazon, sehingga semua fitur atau kemampuan Alexa bisa digunakan melalui perangkat ini. Dengan begitu, ASUS secara tidak langsung masuk dalam ekosistem Amazon.

Menurut spesifikasi Lyra Voice di situs resmi ASUS, perangkat ini tergolong sebagai router premium dengan berbagai fitur seperti MU-MIMO, Traffic Analyzer, dan Smart QoS.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga mendukung tiga mode penggunaan yakni wireless router mode, access point mode, dan media bridge mode. Sayangnya ASUS tidak menjelaskan berapa harga dari router ini dan kapan ia akan dirilis ke pasar.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.