Kuis Facebook Ekspos Data 120 Juta Pengguna

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 29 Jun 2018 10:24 WIB
media sosialfacebook
Kuis Facebook Ekspos Data 120 Juta Pengguna
Aplikasi kuis di Facebook ekspos data dari 120 juta pengguna Facebook. (AFP PHOTO / Lionel BONAVENTURE)

Jakarta: Developer kuis Facebook yang menggunakan nama NameTests ditemukan mengekspos informasi pribadi dari 120 juta pengguna. 

Perusahaan di balik NameTests, pembuat aplikasi asal Jerman, Social Sweethearts, membuat kuis sosial populer seperti "Siapa Puteri Disney yang Menggambarkan Dirimu?" lalu membagikannya ke Facebook. Mereka memiliki sekitar 120 juta pengguna bulanan di Facebook. 

Seseorang yang mengklaim sebagai hacker, Inti De Ceukelaire menulis sebuah artikel di Medium kemarin, menjelaskan bagaimana kuis-kuis yang dibuat oleh Social Sweethearts mengumpulkan informasi pengguna seperti nama, tanggal ulang tahun, foto dan daftar terman lalu menampilkan informasi itu dalam file JavaScript, yang mudah didapatkan oleh pihak ketiga.

Menurut laporan The Verge, Ceukelaire telah berusaha untuk menghubungi Facebook tentang hal ini beberapa kali.

Facebook memberitahukan padanya bahwa mereka akan memeriksa hal ini. Setelah skandal Cambridge Analytica -- ketika data dari puluhan juta pengguna Facebook dikumpulkan dan dijual ke pihak ketiga -- cara Facebook melindungi privasi penggunanya mendapat perhatian. 

Ceukelaire mengatakan bahwa dia baru menyadari NameTests mengubah cara mereka memproses data untuk tak lagi mengekspos informasi pengguna beberapa bulan setelah dia melaporkan masalah ini. 

Social Sweethearts menjelaskan bahwa tidak ada bukti informasi pribadi pengguna diberikan pada pihak ketiga atau data itu digunakan untuk kegiatan ilegal.

"Sebagai orang yang bertanggung jawab atas perlindungan data di Social Sweethearts, saya akan menyatakan bahwa masalah ini tengah diselidiki," tulis pernyataan dari perusahaan itu. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.