Turki Blokir Layanan Cloud Google dan Microsoft

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 10 Oct 2016 20:58 WIB
cloud computing
Turki Blokir Layanan Cloud Google dan Microsoft
Pemerintah Turki memblokir beberapa layanan cloud storage. (Turkey Blocks)

Metrotvnews.com: Turki dikabarkan memblokir layanan cloud termasuk Google Drive, Dropbox dan OneDrive dari Microsoft. Selain itu, mereka juga memblokir situs tempat penyimpanan berbagai kode, GitHub, lapor Turkey Blocks.

Menurut The Next Web, pemerintah dipercaya melakukan ini dalam rangka untuk meminimalisir dampak akibat bocornya email milik Menteri Energi dan Sumber Daya Alam, Berat Albayrak, yang juga menantu dari Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Keputusan pemerintah Turki untuk memblokir layanan cloud, yang dilaporkan oleh grup pengawasan penyensoran Turkey Blocks, diduga bertujuan agar tidak ada orang yang menyimpan email bocoran pada akun cloud mereka yang akan memudahkan orang-orang untuk mengakses email bocoran itu.

Bocoran sebesar 17GB ini dipercaya mengandung 57.623 email dari bulan April 2000 hingga akhir bulan September tahun ini. Puluhan ribu email ini dibocorkan oleh grup peretas Redhack. Surat perintah dari pengadilan Ankara untuk menyelidiki kejadian ini menunjukkan bahwa bocoran email tersebut memang benar.

Menurut The Daily Dot, yang mendapatkan bocoran email tersebut, korespondensi itu menunjukkan bagaimana Erdogan menggunakan posisinya untuk mempengaruhi media dan mendorong dipublikasikannya beberapa artikel di koran pro-pemerintah.

Turkey Blocks menyebutkan, Google Drive telah diblokir pada hari Minggu. 

Sejak lama, Turki dikenal sering melakukan pemblokiran layanan internet dengan tujuan untuk membatasi apa yang masyarakatnya dapat baca tentang pemerintah di dunia maya.

Mereka memblokir WikiLeaks di bulan Juli setelah muncul bocoran email dari partai politik Turki. Di bulan Maret, pemerintah Turki melarang masyarakat menggunakan Twitter dan Facebook setelah sebuah bom meledak di Ankara. 


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /