Alibaba Luncurkan Mobil Internet

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 08 Jul 2016 13:20 WIB
alibaba
Alibaba Luncurkan Mobil Internet
Alibaba meluncurkan kendaraan terhubung ke internet, OS'Car RX5.

Metrotvnews.com: Alibaba meluncurkan OS'Car RX5, mobil bertipe SUV yang terhubung dengan internet dan didukung sistem operasi miliknya, YunOS. Kemampuannya terhubung ke internet dan bekal sistem operasi tersebut memungkinkan kendaraan ini untuk menawarkan fitur futuristik untuk pengguna.

Sebagai permulaan, mobil karya raksasa teknologi Tiongkok ini dapat mengenali pengemudi melalui smartphone atau smartwatch, dan menyesuaikan sejumlah fitur dan pengaturan agar sesuai untuk kebutuhan dan keinginan pengemudi, seperti musik dan cara menampilkan navigasi, seperti yang dilaporkan The Next Web.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur peta cerdas, menawarkan pelacakan lokasi dan arah tanpa memerlukan layanan WiFi atau GPS. Selain itu, kabin pada kendaraan dirancang untuk dapat dikendalikan melalui fitur perintah suara secara langsung.

RX5 juga dilengkapi dengan tiga layar terintegrasi untuk dashboard dan cermin menghadap belakang, serta empat kamera aksi untuk memotret selfie 360 derajat di dalam kendaraan, dan merekam potongan video dan foto terkait perjalanan pengemudi. Mobil ini ditawarkan dengan harga sekitar USD14.930.

Namun, Alibaba belum memberikan penjelasan resmi terkait keamanan kendaraan yang terhubung dengan internet miliknya ini.

Sejumlah situs mempertanyakan keamanan mobil ini mengingat sebelumnya kendaraan dengan fitur sama, seperti Jeep Cherokee dan Tesla Model X SUV, mengalami permasalahan terkait peretasan sistem keamanan, menyebabkan mobil dapat dikendalikan oleh pihak tidak bertanggungjawab dari jarak jauh.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.