DSLR Mati Karena Mirrorless, Benarkah?

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 05 Oct 2016 14:40 WIB
kamera
DSLR Mati Karena Mirrorless, Benarkah?
Kamera DSLR ternyata masih jauh dari kata mati

Metrotvnews.com, Jakarta: Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa pasar kamera saat ini sedang bergejolak. Disrupsi teknologi yang diusung oleh kamera mirrorless terus terlihat menggeser popularitas kamera DSLR.

Kamera mirrorless yang lebih ringkas namun dibanderol dengan teknologi dan kemampuan yang dapat menyaingi DSLR kini sedang naik daun. Tidak heran jika produsen kamera DSLR besar seperti Canon kini mulai melunak dan membuat kamera mirrorless. Namun, apakah zaman DSLR telah berakhir?

Shintra Wong, Division Manager, Image Communication Product Division, Datascrip sebagai distributor tunggal produk Canon di Indonesia mengatakan, pasar kamera DSLR masih sangat kuat di Indonesia. Meski demikian, Shintra juga mengakui pasar kamera DSLR sedang menurun karena hadirnya kamera mirrorless.

"Beberapa pengguna DSLR memang ada yang beralih ke mirrorless, namun masih banyak fotografer yang menggunakan DSLR. Mirrorless hadir bukan untuk menggantikan DSLR, tapi untuk melengkapinya," ujar Shintra kepada Metrotvnews.com saat perilisan kamera DSLR Canon EOS 5D Mark IV hari ini di Jakarta.

Menurut Shintra, pengguna kamera saat ini sedang dihadapkan oleh pilihan baru yaitu kamera mirrorless. Kamera tersebut memang cocok untuk digunakan di beberapa skenario penggunaan terutama yang menuntut mobilitas. Selain itu, pamor mirrorless juga naik karena tren yang sedang mengarah ke jenis kamera tersebut. 



Namun di sisi lain, ada beberapa skenario penggunaan kamera yang masih tidak bisa tergantikan kamera mirrorless. Itu sebabnya mirrorless lebih dianggap sebagai pelengkap jajaran kamera yang ada saat ini, seperti kamera compact dengan DSLR.

Menariknya, pasar kamera DSLR di Indonesia justru masih sangat kuat. Shintra mengatakan pengguna DSLR di Indonesia masih didominasi oleh pengguna pemula yang terdiri dari mahasiswa dan pengguna yang ingin belajar mengenai fotografi.

Hal tersebut tercermin dari data penjualan kamera kelas pemula Canon yang jumlahnya masih jauh lebih banyak ketimbang kamera kelas menengah dan profesional.

Meski telah menguasai 60 persen pasar kamera DSLR di Indonesia, Canon tidak merasa di atas awan. Shintra mengatakan tahun ini Canon sedang gencar melakukan ekspansi pasar kamera mirrorless.

Tanggapan pasar pun dinilai sangat positif bahkan penjualan kamera mirrorless Canon di Indonesia tergolong laris dengan jumlah yang semakin meningkat setiap kuartalnya. Target tahun ini, Canon menguasai 25 persen pasar kamera mirrorless di Indonesia.

Canon memang seharusnya tidak tinggal diam dan mulai menggebrak pasar kamera mirrorless, menantang Sony dan Fuji yang telah lebih dulu masuk ke pasar mirrorless.

Canon sebenarnya memiliki modal yang sangat kuat. Jajaran lensa yang sangat lengkap serta nama besarnya di Indonesia dapat digunakan sebagai modal untuk menguasai pasar mirrorless


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

12 hours Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /