Microsoft Surface Phone Punya Sensor Sidik Jari di Layar?

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 18 Sep 2016 09:40 WIB
microsoft
Microsoft Surface Phone Punya Sensor Sidik Jari di Layar?
Microsoft dikabarkan akan membekali sensor pemidai sidik jari pada layar Surface Phone.

Metrotvnews.com: Rumor terbaru Microsoft Surface Phone menyebut perangkat ini akan berbekal pemindai sidik jari yang terintegrasi di bagian layar. Namun, perangkat ini diperkirakan akan meluncur hingga tahun depan.

Rumor ini berbeda dari smartphone lainnya, yang umumnya menyematkan pemindai sidik jari pada tombol home atau bagian belakang perangkat. Ide menghadirkan alat pendeteksi sidik jari baik di layar LCD maupun OLED, bertujuan menghemat ruang dan memungkinkan desain smartphone lebih tipis.

Menurut paten yang didaftarkan pada World Intellectual Property Organization (WIPO), sistem ini memerlukan panduan gelombang dan filter yang ditempatkan di bawah kaca layar. Saat sidik jari tertekan di layar, sensor di didi kaca akan mendeteksi berbagai pola sidik jari.

Phone Arena melaporkan, ide terpaten ini, meski menjanjikan, tidak akan hadir dengan fungsionalitas serupa pada produk jadi nantinya. Perusahaan besar seperti Microsoft dinilai sering kali mengumpulkan paten serupa sebagai alternatif, tanpa benar-benar menggunakannya.

Sejumlah rumor berbeda terkait dengan Surface Phone beredar, yang akan hadir dalam versi high-end. Versi ini akan mendukung prosesor Qualcomm Snapdragon terbaru, dan RAM dengan kapasitas yang belum ditentukan.

Sementara itu, sejumlah pihak meragukan Surface Phone ini akan meluncur ke pasar, meski gambar teaser perangkat konsep karya perusahaan berbasis di Redmond ini telah beredar di Internet.


(MMI)