Android Catat Penjualan Smartphone 86,2%

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 21 Aug 2016 10:45 WIB
google
Android Catat Penjualan Smartphone 86,2%
Data analis Statista melaporkan peningkatan penjualan perangkat Android, menjadi 86,2 persen.

Metrotvnews.com: Data analisa terbaru dari Statista melaporkan perangkat bersistem operasi Android berhasil terjual sebanyak 86,2 persen secara global selama pertengahan tahun pertama 2016. Persentase ini menjadi pencapaian tertinggi perangkat Android.

Pencapaian tertinggi dalam penjualan smartphone Android sebelumnya mencapai 84,7 persen, tercatat pada kuartal ketiga tahun 2015. Sementara itu, data ini juga menyebut penjualan iPhone mengalami penurunan menjadi 12,9 persen.

Namun penurunan tersebut tetap mampu mempertahan iPhone pada posisi kedua. Hal ini disebabkan oleh penurunan penjualan lebih besar yang dialami oleh perangkat bersistem operasi Windows Phone dan BlackBerry, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

Sementara itu, pada kuartal kedua tahun 2009, Symbian menduduki peringkat pertama dengan pangsa pasar penjualan global sebesar 51 persen. BlackBerry menempati peringkat kedua dengan persentase 19 persen, diikuti oleh iOS sebesar 13 persen.

Sebesar sembilan persen penjualan smartphone global kala itu diraih oleh Windows Phone, dan dua persen lainnya dimiliki oleh perangkat Android. Penjualan perangkat Apple dinilai tergolong stabil, sementara sebagian besar pengguna platform lain beralih ke perangkat Android.

Selama kuartal kedua tahun ini, 296,91 juta ponsel Android didistribusikan secara global, sementara iPhone didistribusikan sebanyak 44,4 juta perangkat. Perangkat Windows Phone tercatat telah didistribusikan sebanyak 1,97 juta unit, sedangkan perangkat BlackBerry sebanyak 400.000 unit.

Jumlah tersebut jauh lebih besar dibandingkan kuartal kedia tahun 2009, dengan distribusi perangkat Symbian mencapai 20,88 juta, sedangkan BlackBerry mencapai 7,78 juta unit, iPhone 5,33 juta unit dan Windows Phone sebanyak 3,83 juta unit. Kala itu distribusi perangkat Android hanya sebanyak 760 ribu unit.


(MMI)

Sharkoon M25-W, Keren Berkat Paduan Hitam-Putih
Review Casing

Sharkoon M25-W, Keren Berkat Paduan Hitam-Putih

1 week Ago

Produk casing berikutnya yang datang ke meja pengujian Metrotvnews.com adalah Sharkoon M25-W.…

BERITA LAINNYA
Video /