Jack Ma Terima Tawaran Presiden Jokowi Jadi Penasihat E-Commerce Indonesia

Putra Nababan    •    Jumat, 09 Sep 2016 16:12 WIB
e-commerce
Jack Ma Terima Tawaran Presiden Jokowi Jadi Penasihat E-Commerce Indonesia
Jack Ma resmi terima tawaran Presiden Jokowi jadi penasihat industri e-commerce Indonesia (MTVN)

Metrotvnews.com, Hangzhou: CEO Alibaba Group Jack Ma menyatakan siap menjadi penasihat e-commerce Indonesia, sesuai tawaran Presiden Jokowi ketika berkunjung di markas Alibaba minggu lalu.

Ungkapan Jack Ma ini disampaikan Tim Komunikasi Alibaba Group kepada rombongan pimpinan redaksi sejumlah media Indonesia yg mengunjungi markas Alibaba di Hangzhou, Jumat pagi waktu setempat.

Jack Ma sendiri, menurut juru bicara Alibaba, merasa sangat terhormat dengan tawaran yg disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi kepadanya disela-sela pertemuan para pemimpin dunia yg tergabung dalam G20.

"Jack mengungkapkan tawaran yg disampaikan Presiden Jokowi adalah sebuah kehormatan untuk dirinya," ungkap juru bicara itu.

Saat ini, Jack Ma yang pernah menjadi guru bahasa Inggris sedang melakukan komunikasi intensif dengan pemerintah Indonesia. 

"Komunikasi dengan pemerintah Indonesia sedang berlangsung untuk memastikan bagaimana kami bisa membantu pengembangan e-commerce untuk kemajuan usaha kecil menengah di Indonesia," kata jurbir itu.

Jack Ma baru-baru ini telah ditawari posisi khusus oleh Presiden Jokowi sebagai bagian dari tim penasehat industri e-commerce Indonesia. Peran Jack Ma kali ini adalah memberikan masukan terhadap perkembangan industri tersebut.

Sebelum ini, antara pemerintah Indonesia dengan Alibaba sendiri sesungguhnya telah memiliki bentuk kerja sama untuk menjual produk Indonesia ke pasar Tiongkok. Produk-produk tersebut dipasarkan melalui salah satu platform Tmall (sebelumnya bernama Taobao Mall), yang juga milik Alibaba.

Alibaba sendiri memang sudah mulai melirik pasar e-commerce Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Beberapa waktu yang lalu raksasa e-commerce tersebut telah mengakuisisi salah satu perusahaan e-commerce terbesar Asia Tenggara, Lazada, yang juga memiliki pangsa pasar besar di Indonesia.


(MMI)

Video /