Media Jepang Siarkan Siaran 8K via Satelit Pertama

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 03 Dec 2018 10:00 WIB
teknologi
Media Jepang Siarkan Siaran 8K via Satelit Pertama
NHK siarkan siaran dengan resolusi 8K. (8K A-PAB advertisement)

Jakarta: Media TV Jepang mulai menyiarkan siaran dengan resolusi 4K dan 8K melalui satelit pada 1 Desember pukul 10 pagi waktu setempat. Bahkan setelah pengujian selama beberapa tahun, NHK adalah satu-satunya stasiun TV yang ingin menyiarkan siaran 8K.

Film yang mereka siarkan adalah 2001: A Space Odyssey, lapor Engadget. Sementara menurut laporan BBC, NHK meminta Warner Bros. untuk memindai kembali negatif 70 mm dari film itu untuk penyiaran khusus ini.

Jika dibandingkan dengan resolusi HD TV, resolusi 8K 16 kali lebih padat piksel. Namun, tidak banyak orang yang memiliki televisi atau perangkat yang memadai untuk menonton siaran tersebut dalam versi 8K.

NHK mengatakan bahwa mereka telah mengembangkan resolusi 8K, yang mereka namai super-hi vision, sejak 1995.

Selain resolusi yang lebih tinggi, siaran 8K juga menawarkan 24 kanal audio untuk pengalaman surround sound yang lebih realistis. Mereka berharap mereka akan dapat menyiarkan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo pada 2020 dalam format 8K.

Memang, sejauh ini, manufaktur televisi seperti Samsung dan LG telah menyediakan televisi dengan resolusi 8K. Namun, harganya yang sangat mahal membuat tidak banyak orang yang telah membelinya. Kanal BS8K baru dari NHK akan menyiarkan program selama 12 jam per hari.

Program pertama yang dimulai pada pukul 10 pagi waktu Jepang akan berisi informasi tentang penyiaran, memfokuskan konten yang akan ditayangkan di channel tersebut.

Selain itu, saluran ini juga akan menyiarkan siaran live dari Italia untuk menunjukkan berbagai tempat yang menarik turis.


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

1 week Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.