Transaksi Nontunai Tumbuh, Orang Belum Sadar Keamanan Data

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 12 Dec 2018 11:09 WIB
vmwarecorporate
Transaksi Nontunai Tumbuh, Orang Belum Sadar Keamanan Data
Ilustrasi

Jakarta: VMware menerbitkan laporan riset berujdul VMware Banking Consumer 2020 Study.

Laporan ini mengungkapkan lebih dari sepertiga (43 persen) konsumen di Indonesia yang disurvei menyatakan belum menerapkan langkah-langkah perlindungan yang cukup terkait dengan keamanan data finansial personal.

Mereka juga mengaku memakai kata sandi yang sama di sejumlah atau bahkan di hampir semua layanan dan aplikasi yang memuat data personal pembayaran milik mereka.
 
Dalam riset tersebut, terungkap pula pengguna di Indonesia menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap tingkat keamanan pada sejumlah metode pembayaran mutakhir, seperti melalui peranti terkoneksi, benda-benda terkoneksi, dompet digital, maupun pembayaran melalui aplikasi.

Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan temuan di Singapura maupun Malaysia. Konsumen di kedua negara tersebut justru kurang percaya dengan keamanan pada metode-motode pembayaran mutakhir.

Mereka cenderung merasa lebih nyaman dengan model transaksi tradisional, seperti transaksi tunai maupun melalui ATM. Memang, penerimaan konsumen yang tinggi terhadap model pembayaran nontunai membawa angin segar bagi kesuksesan gerakan nontunai di Indonesia.

Namun di sisi lain, kurangnya kesadaran konsumen dalam menerapkan higienitas siber membawa potensi risiko finansial yang tak kecil, baik kepada konsumen sendiri, bank, maupun institusi-institusi finansial (FSI).

Mayoritas responden dari Indonesia (87 persen) menyimpan detil informasi akun bank mereka, paling tidak di satu hingga enam aplikasi berbeda, sementara hanya seperempat (25 persen) dari mereka yang menerapkan tindakan-tindakan keamanan siber yang baik, seperti kata sandi berbeda untuk setiap akun.
 
“Indonesia tengah gencar dalam mengadopsi metode pembayaran digital. Dewan Nasional Keuangan Inklusif melaporkan bahwa total volume transaksi yang tercatat dari bulan Januari hingga Oktober 2017 diperkirakan mencapai 5.602 juta transaksi dengan total valuasi transaksi mencapai Rp5.361 triliun," kata tutur Cin Cin Go, Country Manager, VMware Indonesia.

“Arsitektur IT yang ada saat ini tak cukup tangguh dalam mengatasi kenyataan bahwa perbankan dan FSI membutuhkan infrastruktur jaringan mutakhir yang mampu menyuguhkan lapis proteksi yang tangguh terhadap aplikasi, data, serta pengguna di seluruh lingkungan cloud yang majemuk seperti banyak digunakan saat ini.”
 
Responden Indonesia juga menyampaikan kepuasan mereka yang tinggi terhadap suguhan layanan perbankan, lebih tinggi dari rata-rata tingkat kepuasan oleh konsumen di kawasan regional, atas sejumlah indikator layanan berikut ini:

1. Kecepatan dalam memenuhi kebutuhan nasabah atau dalam memberi solusi atas permasalahan nasabah

2. Ketersediaan kanal-kanal layanan nasabah

3. Kemudahan proses dan login untuk melakukan transfer, dalam memperoleh informasi maupun registrasi layanan

4. Transparansi kebijakan dan syarat dan ketentuan yang mudah dipahami oleh nasabah


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.