Pegawai Waze Rayakan Tim Cook Day, Apa Itu?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 20 Dec 2018 08:10 WIB
waze
Pegawai Waze Rayakan Tim Cook Day, Apa Itu?
CEO Waze mengungkap alasan perusahaannya merayakan Tim Cook Day setiap tahun.

Jakarta: CEO Waze Noam Bardin baru-baru ini mengungkapkan alasan perusahaannya merayakan Tim Cook Day setiap tahunnya. Perayaan tersebut mulai dilakukan Waze tidak lama setelah CEO Apple Tim Cook memberikan pernyataan resmi terkait Apple Maps.

Pada awalnya, aplikasi Apple Maps tidak memperoleh kesuksesan akibat mengalami sejumlah permasalahan, seperti kesalahan menyematkan nama negara, tidak mencantumkan nama kota, dan memberikan pengarahan yang berpotensi membahayakan pengguna.

Kemudian pada 28 September 2012, Tim Cook menuliskan surat terbuka kepada pengguna iOS, menyatakan permintaan maaf untuk permasalahan navigasi yang dialami oleh pengguna aplikasi peta karya Apple, yang diluncurkan pada tahun 2012 lalu ini.

Cook menyarankan pengguna untuk mengunduh aplikasi peta lain di App Store seperti Bing, MapQuest, dan Waze, atau menggunakan aplikasi kompetitornya, seperti Google Maps dan Nokia Maps, hingga Apple berhasil memperbaiki aplikasi petanya.

Sementara itu, Bardin menyebut bahwa surat terbuka Cook ini mendorong semakin banyak pengguna perangkat iOS yang mengetahui ketersediaan aplikasi Waze. Hal ini menjadi alasan Waze merayakan Tim Cook Day setiap tanggal 28 September.

Tidak hanya karena semakin banyak pengemudi yang mengenal aplikasinya, surat terbuka Cook juga disebut Bardin membantu aplikasi mendapatkan perhatian dari Google. Sebab kurang dari satu tahun kemudian, Waze diakuisisi oleh raksasa pencarian ini, senilai USD1,2 miliar (Rp17,3 triliun).


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.