Pria Ini Curi Cryptocurrency Senilai Rp14,5 Miliar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 23 Nov 2018 15:44 WIB
cyber securitycryptocurrency
Pria Ini Curi Cryptocurrency Senilai Rp14,5 Miliar
Ilustrasi.

Jakarta: Seorang pria berumur 21 tahun dituduh telah melakukan penukaran SIM pada eksekutif Silicon Valley untuk mencuri cryptocurrency dengan nilai USD1 juta (Rp14,5 miliar).

Ialah Nicholas Truglia, pria yang menggunakan apartemennya di West 42nd Street, Bay Area sebagai markas untuk mencari target dari skema penipuan penukaran SIM.

Skema penukaran SIM adalah metode ketika penyerang menelpon customer service untuk memindahkan sebuah nomor ponsel ke perangkat baru, menurut laporan ZDNet.

Serangan ini hanya bersifat sementara karena para korban dengan segera menyadari bahwa nomornya bermasalah dan akan melaporkannnya.

Jeda waktu pengguna untuk mendapatkan kembali nomornya memungkinkan sang kriminal untuk melewati sistem autentikasi dua faktor untuk mengakses akun finansial seseorang.

Menurut para jaksa penuntut umum, Truglia menargetkan Robert Ross pada 26 Oktober. Truglia berhasil melakukan serangan penukaran SIM dan mencuri cryptocurrency berupa Coinbase dan Gemini dengan total nilai USD1 juta.

Cryptocurrency itu disimpan dalam tabungan Ross yang ditujukan untuk dana kuliah kedua puterinya.

Ross dengan cepat sadar bahwa ada masalah dengan nomornya dan menelpon operator yang dia gunakan. Namun, ketika nomornya dikembalikan, cryptocurrency miliknya sudah terlanjur dicuri dan ditukar menjadi uang.

Dikabarkan, ada beberapa eksekutif lain di Silicon Valley yang menjadi target serangan. Namun, para akhirnya, tidak ada cryptocurrency yang tercuri. Secara keseluruhan, Truglia memiliki enam korban.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.