Pentingnya Tata Kelola dan Pelaksanaan Smart City

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 30 Nov 2016 16:18 WIB
smart city
Pentingnya Tata Kelola dan Pelaksanaan Smart City
Konsep Smart CIty tidak hanya mementingkan teknologi tapi juga tata kelola dan pelaksanaan yang baik.

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsep Smart City mulai diterapkan di berbagai kota di Indonesia. Namun, konsep yang diterapkan di Indonesia ini dinilai masih dalam tahap awal dan belum matang, dan memiliki potensi yang besar.

"Tidak hanya teknologi yang penting, penerapan Smart City juga membutuhkan pemahaman tata kelola dan pelaksanaan yang baik. Kota yang cerdas adalah kota yang bisa merespon, bukan hanya banyak-banyakan aplikasi," ujar Guru Besar Sekolah Teknik Elekro dan Informatika (STEI) ITB, Suhono H. Supangkat.

Teknologi, lanjut Suhono, memang bermanfaat untuk mempercepat proses penerapan konsep Smart City di berbagai kota. Kehadiran teknologi ini juga disebutnya bermanfaat sebagai alat untuk memprediksi kejadian, berdasarkan analisa dari data yang diperolehnya.

Manfaat kehadiran teknologi akan semakin terasa saat dapat menghasilkan solusi sistem yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat kota tersebut. Suhono juga menyebut keberhasilan konsep Smart City ini juga diukur berdasarkan kenyamanan yang dirasakan oleh masyarakat karena kesesuaian tindakan yang diambil pemerintah.

Saat ini, Suhono menyebut konsep Smart City di Indonesia masih terpencar dan belum terintegrasi. Sejumlah solusi smart city ini yang telah dihadirkan pihak pemerintah dinilai masih beroperasi secara masing-masing, dan belum terhubung satu sama lain dalam hub yang sama.

Selain itu, Suhono juga menyebut, tingkat keberhasilan Smart City memiliki sejumlah faktor ukuran, dan dukungan teknologi hanyalah salah satu dari sejumlah faktor tersebut. Pemahaman pengelolaan dan pemanfaatan konsep Smart City ini tidak hanya perlu dimiliki oleh pihak pemerintah, tetapi juga masyarakat.

Sebab, keberhasilan konsep ini juga didorong oleh dukungan masyarakatnya, sehingga edukasi untuk mereka menjadi salah satu hal yang penting untuk ditekankan.

"Kalau teknologi tinggal beli aja, tapi habit harus diedukasi."


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /