Pemerintah Rusia Siap Blokir LinkedIn

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 11 Nov 2016 15:29 WIB
linkedin
Pemerintah Rusia Siap Blokir LinkedIn
Pemerintah Rusia dikabarkan siap untuk memblokir LinkedIn karena melanggar peraturan terkait penyimpanan data.

Metrotvnews.com: Pemerintah Rusia dikabarkan mulai bersiap untuk memblokir LinkedIn secara menyeluruh. Pengadilan Moscow telah memutuskan bahwa LinkedIn tidak dapat memenuhi persyaratan pemerintah Rusia terkait dengan perlindungan data.

New York Times juga melaporkan, LinkedIn tidak akan dapat beroperasi di Rusia mulai hari Kamis lalu, meski masih berkesempatan untuk mengajukan banding terhadap keputusan pengadilan tersebut. Hal ini menjadi pukulan untuk jejaring sosial profesional tersebut, setelah diakuisisi Microsoft dengan nilai sebesar USD26.2 miliar dengan Microsoft.

Pelarangan tersebut disebabkan rangkaian peraturan yang diterapkan pemerintah Rusia pada tahun lalu. Peraturan tersebut mengharuskan data pribadi yang dikumpulkan dari warga negaranya untuk disimpan di server yang terdapat di dalam Rusia.

Pemerintah Rusia menyebut, peraturan ini ditujukan untuk melindungi data warga negaranya, jika insiden kebocoran data akibat peretasan kembali dialami LinkedIn. Kekhawatiran ini disebabkan insiden kebocoran data yang dialami LinkedIn pada tahun 2012 lalu.

Tidak hanya LinkedIn, Facebook dan Twitter juga dinilai melanggar peraturan terkait penyimpanan data yang sama. Namun, masih belum dapat dipastikan alasan di balik pelarangan operasional LinkedIn, yang tidak diterapkan kepada dua perusahaan jejaring sosial lain tersebut.

Selain itu, pemerintah Rusia juga dilaporkan tengah berupaya untuk mengganti software pemerintah dari software milik Microsoft, yang diduga terlibat kolusi dengan pemerintah Amerika Serikat. Saat ini, sebanyak 467 pengguna LinkedIn berasal dari Rusia, karenanya LinkedIn menyebut akan menemui Rozkomnadzor, grup pengawas telekomunikasi negara tersebut, untuk berdiskusi.


(ABE)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

2 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /