Kaus Kaki Cerdas Ini untuk Penderita Diabetes

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 28 Nov 2016 09:36 WIB
teknologistartup
Kaus Kaki Cerdas Ini untuk Penderita Diabetes
Kaos kaki cerdas dari Siren Care.

Metrotvnews.com: Startup pelacak diabetes, Siren Care telah membuat kaus kaki cerdas yang dilengkapi sensor suhu untuk mendeteksi peradangan secara real-time untuk penderita diabetes.

Ide kaus kaki cerdas ini berasal dari co-founder Siren Care, Ran Ma, yang memikirkan cara untuk merawat kaki penderita diabetes dan mendapatkan ide untuk membuat wearable yang dapat melacak dan mencegah luka.

Pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2 memiliki risiko terkena pembengkakan kaki dan masalah kaki lainnya. Hal ini dapat berujung pada masalah serius seperti infeksi dan amputasi jika dibiarkan berlarut-larut.

Deteksi awal memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya komplikasi. Ma dan Co-founder Veronica Tran percaya, sensor terintegrasi adalah kunci menghadapi masalah ini.

Menurut TechCrunch, kaus kaki buatan Siren bukanlah wearable pertama yang dibuat untuk mendeteksi luka pada kaki penderita diabetes. SurroSense Rx adalah alas kaki yang bisa dimasukkan ke dalam sepatu, sementara PressureGuardian dari Tillges Technologies adalah sebuah sepatu yang didesain untuk mendeteksi masalah yang sama.

Namun, menggunakan sepatu terkadang merepotkan dan kaus kaki Siren lebih dekat dengan kulit daripada alas kaki pada sepatu Anda. Pada kaus kaki Siren, sensor-sensor yang diperlukan ditanamkan ke dalam bahan kaus kaki untuk mendeteksi adanya peradangan. Semua informasi yang didapat lalu akan diunggah ke aplikasi pada smartphone untuk memberikan notifikasi pada pengguna.

Semua data yang terkumpul akan disimpan di kaus kaki, aplikasi dan cloud. Ketika kaus kaki ini mendeteksi adanya perbedaan suhu yang tinggi -- yang berarti ada luka pada kaki -- aplikasi ini akan mengirimkan notifikasi pada pengguna untuk memeriksa kakinya.

"Masalah yang dihadapi bisa sesederhana tali sepatu yang masuk ke dalam sepatu dan Anda tidak sadar dan hal ini bisa melukai Anda," kata Ma.

Meskipun kaus kaki ini adalah wearable, ia tidak perlu diisi baterainya. Setiap kaus kaki memiliki baterai penuh yang dapat bertahan selama 6 bulan. Siren berkata, kaus kaki ini hanya "aktif" ketika ia digunakan. Ketika ia dilepas, maka ia akan masuk ke dalam sleep mode. Selain itu, ia juga bisa dicuci menggunakan mesin cuci dan dapat bertahan selama 6 bulan.


(MMI)

Sennheiser 4.20s, Terjangkau dan Nyaman
Review Headset

Sennheiser 4.20s, Terjangkau dan Nyaman

4 days Ago

Sennheiser 4.20s ditujukan untuk perangkat mobile sehingga ia memiliki desain ringkas, memudahk…

BERITA LAINNYA
Video /